Distan Mataram mengoptimalkan pengolahan tanah tingkatkan produksi padi

id Dinas Pertanian Mataram,Produkdi padi,pupuk organik

Distan Mataram mengoptimalkan pengolahan tanah tingkatkan produksi padi

Hamparan padi di Kebon Talo Ampenan salah satu titik sawah yang masih produktif di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala) 

Mataram (ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengoptimalkan program pengolahan lahan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produksi padi setiap tahun agar target produksi yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 25.000 ton bisa tercapai.

"Jumlah target produksi padi tahun 2023 ditetapkan pemerintah pusat sama dengan tahun 2022, karena pada tahun 2022 produksi padi di Mataram tidak mencapai target dengan realisasi 22.400 ton dari target 25.000 ton," Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kota Mataram Umar Ismail di Mataram, Rabu.

Menurutnya, kondisi itu terjadi karena lahan sawah di Kota Mataram setiap tahun terus menurun yang disebabkan tingginya alih fungsi lahan pertanian untuk berbagai kepentingan masyarakat.

Bahkan di dari Januari sampai Mei 2023, alih fungsi lahan sudah terjadi sekitar 7 hektare untuk pembangunan berbagai fasilitas baik itu perumahan, perkantoran, maupun pendidikan.

Data terakhir sisa lahan pertanian di Kota Mataram seluas 1.472,71 hektare dari 1.479,72 hektare pada tahun 2022, dan itu pun termasuk lahan milik pengembang perumahan.