Polisi RW Samarinda berperan amankan Idul Adha

id Polisi RW,berperan,amankan Idul Adha,di Samarinda.

Polisi RW Samarinda berperan amankan Idul Adha

Sejumlah polisi melaksanakan pemotongan sapi di halaman Polresta Samarinda. ANTARA/HO-Humas Polresta Samarinda

Samarinda (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Samarinda, Kalimantan Timur, memberikan peran optimal kepada Polisi Rukun Warga (Polisi RW) untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Kebijakan ini sudah diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya, kami terus berkomitmen menjaga Kamtibmas baik dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha, pelaksanaan pemotongan hingga pendistribusian hewan kurban kepada masyarakat," kata Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Kompol Sekar Wijayanti di Samarinda, Kamis.

Sekar menegaskan bahwa Polisi RW senantiasa berkomitmen mengamankan kegiatan kemasyarakatan, termasuk kegiatan keagamaan sejalan dengan komitmen Polresta Samarinda untuk mewujudkan suasana kondusif di tengah masyarakat.

"Kegiatan kurban bukan hanya hari Kamis ini saja, tapi sampai tiga hari ke depan. Masih ada kegiatan warga dalam pelaksanaan ibadah kurban tersebut, jadi kami tetap berupaya memberikan rasa aman kepada warga Samarinda," tuturnya.

Penerapan Polisi RW, menurut Sekar, efektif memberikan pelayanan cepat kepada warga Samarinda, dan dapat menjangkau wilayah kerja lima sampai sepuluh Rukun Tetangga (RT) per personel.

Personel yang ditempatkan sebagai Polisi RW di Kota Samarinda sebanyak 276 anggota, yang ditugaskan untuk mengawal keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di area kerjanya.

"Polisi kan tugasnya mengayomi masyarakat, kehadirannya memberikan rasa aman bagi warga di lingkungan tingkat RT sekalipun, sehingga semua tugas yang sebelumnya diemban oleh Bhabinkamtibmas, bisa di-cover terlebih dahulu oleh Polisi RW," ucapnya.

Sekar menambahkan anggota polisi perlu terus menunjukkan kinerja positif, salah satunya dengan kehadiran Polisi RW sebagai garda terdepan agar tercipta situasi kondusif.

Baca juga: Polisi RW berupaya tekan peredaran narkoba di Bangkalan Jatim
Baca juga: Pj Gubernur Banten apresiasi gerakan polisi RW


"Polisi RW juga membantu mendata warga kurang mampu di wilayah kerjanya untuk penyaluran daging kurban. Untuk penyaluran dari Polresta Samarinda, ada 800 paket disebar ke beberapa kelurahan wilayah Samarinda," jelasnya.