Cuaca buruk, penyeberangan Lembar Lombok-Padangbai Bali

id Pelabuhan Lembar ,Pelabuhan Padangbai,Lombok,Bali,Penyebab Pelabuhan Lembar-Padangbai ditutup,Cuaca Buruk

Cuaca buruk, penyeberangan Lembar Lombok-Padangbai Bali

Pelabuhan penyeberangan Lembar di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi.

Mataram (ANTARA) - Pelabuhan penyeberangan Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat menuju Padangbai Karangasem, Bali ditutup pada Jumat, akibat cuaca buruk.

General Manager Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (ASDP) Cabang Lembar Lombok Barat, Ardhi Ekapaty mengatakan penutupan dilakukan akibat cuaca buruk yang terjadi di Selat Bali.

"Ya kita tutup sementara karena cuaca buruk," kata Ekapati dikonfirmasi di Mataram, NTB, Jumat.

Baca juga: Waspada! gelombang tinggi mencapai 6 meter di selat Lombok NTB

Menurutnya, penutupan itu sesuai dengan Surat Edaran Kantor Kesyahbandaran Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai.

"Ditutup sejak pukul 09.00 Wita dari Pelabuhan Padangbai. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi BPTD, karena otoritas pelayaran berada di BPTD untuk memastikan kondisi cuaca," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal membenarkan Pelabuhan Penyeberangan Lembar harus ditutup akibat cuaca buruk.

"Iya buka tutup akibat gelombang tinggi pengaruh cuaca," ujarnya singkat melalui telepon.

Terpisah, General Manager Pelindo Lembar, Wahyu Agung Pri Hartanto mengatakan untuk penyeberangan Lombok tujuan Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tetap dibuka seperti biasanya.

"Masih dibuka. Dari tanggal 1 sampai 6 Juli kita dilayani 4 kapal tujuan Tanjung Wangi Banyuwangi dan Tanjung Perak Surabaya," ujarnya.

Sejauh ini penyeberangan tujuan Tanjung Wangi Banyuwangi Jawa Timur dan Tanjung Perak Surabaya terpantau berjalan normal.