Jambi prioritaskan pembenahan sanitasi di kecamatan

id Jambi, kota Jambi, Pemkot Jambi, sekda kota Jambi, sanitasi kota jambi

Jambi prioritaskan pembenahan sanitasi di kecamatan

Sekda Kota Jambi A Ridwan di Jambi, Selasa (11/7/2023). ANTARA/HO

Jambi (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mempercepat pembenahan sanitasi untuk dua kecamatan di daerah tersebut yaitu Kecamatan Pelayangan dan Danau Teluk. "Di Kota Jambi saat ini masih ada kawasan permukiman yang terkadang kondisi sanitasinya belum memadai dan terarah," kata Sekretaris Daerah Kota Jambi A Ridwan, di Jambi, Selasa.
 
Sebagai acuan penyelesaian sanitasi di Kota Jambi untuk ke depannya, maka dua kecamatan tersebut akan menjadi prioritas utama. Hal itu dikarenakan dua kecamatan tersebut terdapat banyak sungai, sehingga diperlukan pembenahan sanitasi. Selanjutnya pihak balai terkait ikut membantu menyelesaikan sanitasi ini, untuk lebih baik lagi.
 
Ia menekankan bahwa untuk menciptakan permukiman baik butuh sanitasi yang baik pula. Karena sebagai etalase persinggahan di Provinsi Jambi, sehingga memang persoalan sanitasi yang baik perlu dipikirkan.
 
Dua kecamatan yang menjadi target ini, kata dia lagi, lantaran masih banyak rumah-rumah lama yang berdekatan dengan sungai. Sehingga sanitasinya belum terarah dengan maksimal. Berdasarkan data Pemkot Jambi, sejauh ini sanitasi di dua kawasan itu masih cukup baik, tapi perlu pembenahan. Termasuk bagi pengembang perumahan hingga pengusaha terkait, agar dapat dan berkontribusi pembenahan sanitasi ini.

Baca juga: Potensi produksi beras Jambi naik selama empat bulan
Baca juga: Jambi bersiap terapkan e-retribusi parkir tingkatkan PAD
 
Ridwan juga mengatakan bahwa pemkot juga melakukan sosialisasi rencana kawasan permukiman Kota Jambi tahun 2023 sebagai salah satu strategi mengatasi persoalan sanitasi. Ia mengatakan bahwa perlunya penyamaan persepsi antara semua pihak untuk melanjutkan implementasi strategi pembangunan sanitasi keberlanjutan permukiman.