Dinas LHK Sumbawa Barat menggagas pembentukan forum peduli sampah

id Dinas LHK Sumbawa Barat,Sumbawa Barat,Forum Peduli Sampah Sumbawa Barat

Dinas LHK Sumbawa Barat menggagas pembentukan forum peduli sampah

Acara rapat koordinasi pembentukan Forum Masyarakat Peduli Sampah yang diinisiasi Dinas Lingkungan Bersih Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Jumat (14/7/2023) (FOTO ANTARA/Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggagas terbentuknya Forum Masyarakat Peduli Sampah dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KSB, Mars Anugrainsyah dalam keterangan tertulis di Mataram, Jumat mengatakan forum ini merupakan rencana kerja jangka pendek sebagai salah satu upaya kolaboratif menyelesaikan persoalan sampah di Sumbawa Barat.

‘’Ke depan, kerja-kerja kolaboratif penanganan sampah di Sumbawa Barat akan melibatkan forum ini,’’ katanya.

Forum ini melibatkan berbagai kelompok masyarakat dan sejauh ini akan fokus menyelesaikan masalah sampah yang ada dalam "Kota Taliwang" itu.

Ia menegaskan kerja kolaboratif penting dilakukan, mengingat masalah sampah cukup klasik.

‘’Kita juga mengimbau kepada penyelenggara kegiatan untuk sadar akan sampah. Intinya jangan membuang sampah sembarangan," katanya.

Untuk menyelesaikan masalah sampah ini diakuinya membutuhkan pola pikir yang baik. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Bupati Sumbawa Barat dalam beberapa kesempatan tentang membangun jalan pikiran.

‘’Jalan pikiran kita juga harus jalan tentang sampah ini. Kalau bisa dibuang ke bak sampah yang sudah ada, kenapa harus dibuang di sembarang tempat,’’ katanya.

Selain masalah sampah rumah tangga maupun sampah plastik, persoalan lain yang tak kalah penting adalah penanganan tentang sampah atau limbah medis.

‘’Untuk masalah ini kita juga akan koordinasikan dengan Dinas Kesehatan maupun RSUD,’’ demikian Mars Anugrainsyah .