Pertamina Bengkulu sidak penyaluran elpiji bersubsidi

id Pertamina, elpiji bersubsidi, Bengkulu

Pertamina Bengkulu sidak penyaluran elpiji bersubsidi

Pertamina Rayon 1 Bengkulu mengecek penyaluran elpiji 3 kilogram bersubsidi di Pangkalan Pertamina di Bengkulu, Jumat. (28/7/2023) (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Bengkulu (ANTARA) - Pertamina melakukan inspeksi mendadak memantau penyaluran elpiji bersubsidi 3 kilogram di Provinsi Bengkulu guna memastikan penerima program subsidi benar-benar tepat sasaran.
 
"Tujuan kita saat ini adalah memastikan kondisi di lapangan terkait dengan elpiji 3 kilogram, ketersediaan elpiji bersubsidi di tingkat pangkalan," kata Pjs Sales Branch Manager Rayon 1 Bengkulu Wiwiet Wijaya di Bengkulu, Jumat.
 
Pertamina melakukan inspeksi mendadak di seluruh Provinsi Bengkulu. Untuk di Kota Bengkulu, Pertamina mengecek ketersediaan dan pendistribusian ke masyarakat untuk jenis elpiji bersubsidi di tiga pangkalan.
 
"Kami sudah mengecek dan ketersediaan mencukupi, tidak ada kendala atau pun kelangkaan. Pendistribusian pun sudah sesuai dengan aturan untuk jenis elpiji bersubsidi yakni sesuai dengan NIK dan Kartu Keluarga warga penerima program elpiji bersubsidi.
 
"Kami juga mengimbau masyarakat yang mampu, untuk beralih menggunakan elpiji non-subsidi. Mereka pun bisa menukarkan tabungan elpiji 3 kilogram dengan tabung 5,5 kilogram atau 12 kilogram dalam program yang dibuat Pertamina. Masyarakat cukup membayar biaya isi ulangnya saja," kata Wiwiet.
 
Namun untuk mencegah penyalahgunaan BBM bersubsidi, Pertamina tetap bekerja sama dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum untuk menindak tindakan-tindakan yang menyalahgunakan program elpiji bersubsidi.
 
"Kalau ada pangkalan yang menyalahgunakan (menimbun atau menyalurkan tidak sesuai peruntukan) kami akan menindak tegas. Kami juga mengajak masyarakat untuk mendapatkan elpiji bersubsidi di pangkalan resmi agar mendapatkan harga yang tepat," ujarnya.

Baca juga: Bupati mengingatkan ASN tak menggunakan elpiji 3 kg bersubsidi
Baca juga: Stok elpiji di Mataram aman
 
Pemilik salah satu pangkalan elpiji Pertamina di Kota Bengkulu Joko Wiyono mengatakan sampai saat ini penyaluran elpiji bersubsidi dalam keadaan lancar. Penerima elpiji bersubsidi pun juga harus dipastikan terdaftar di laman MyPertamina subsidi tepat sebelum mendapatkan elpiji 3 kilogram. "Kami pastikan NIK mereka terdaftar atau tidak, kalau tidak ada, tidak bisa membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan kami," ujarnya.