Pemkab Temanggung menjamin pabrik rokok beli tembakau petani

id tembakau, temanggung,Tembakau petani,petani tembakau

Pemkab Temanggung menjamin pabrik rokok beli tembakau petani

Tanaman tembakau di kawasan Kledung Kabupaten Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Gudang perwakilan pabrik rokok di Kabupaten Temanggung menjamin beli tembakau hasil panen petani Temanggung tahun ini, kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq. "Pihak gudang tetap membeli tembakau hasil panen petani tahun ini, namun hingga saat ini belum memberikan kepastian kuota pembelian tembakau," katanya di Temanggung, Jumat.

Sebelumnya, Bupati Temanggung M Al Khadziq bersama Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi gudang perwakilan PT Gudang Garam di Temanggung.

Khadziq berharap agar pabrik rokok membeli tembakau petani dengan harga pantas sesuai dengan kualitas tembakau. Tentu dengan harga tinggi yang bisa menutup biaya produksi dan bisa memberikan marjin keuntungan bagi para petani," katanya.

"Dalam hal ini, Pemkab Temanggung berharap agar petani bisa untung, para pedagang tembakau untung dan pabrik rokok juga untung," katanya. Namun, memang berbagai tantangan di bidang tembakau harus dihadapi bersama-sama seperti masalah kenaikan cukai dan sebagainya yang terjadi selama ini.

Berdasarkan keterangan petani,  kualitas tembakau hasil panen tahun ini kemungkinan lebih bagus. Ia menuturkan meskipun pihak pabrik rokok belum menyebutkan kuota pembelian tembakau tahun ini, pihaknya yakin seluruh tembakau di Temanggung akan dibeli, karena tembakau Temanggung ini berkualitas tinggi. "Dengan kualitas tinggi tersebut, saya yakin tembakau Temanggung dibutuhkan oleh pabrik rokok kretek," katanya.

Baca juga: UMKM tembakau harapkan pencegahan rokok ilegal
Baca juga: Distan Loteng mencatat 5.128 hektar tanaman tembakau rusak


Kabupaten Temanggung merupakan salah satu sentra penghasil tembakau di Jawa Tengah, luas tanaman tembakau tahun ini diperkirakan mencapai 13.000 hingga 14.000 hektare. ***1***