Pemkot Banjarmasin deklarasi Pemilu Damai 2024

id Deklarasi Pemilu Damai di Banjarmasin, Pemilu 2023 di Banjarmasin, Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin deklarasi Pemilu Damai 2024

Staf Ahli Bidang Kerja sama dan Investasi Pemkot Banjarmasin Iwan Fitriyadi saat membuka Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Kecamatan Banjarmasin Timur, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.)

Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan Deklarasi Pemilu Damai 2024 hingga ke kecamatan-kecamatan untuk bisa mensosialisasikan ke seluruh masyarakat. "Hari ini kita Deklarasi Pemilu Damai 2023 di Kecamatan Banjarmasin Timur," ujar Staf Ahli Bidang Kerja sama dan Investasi Pemkot Banjarmasin Iwan Fitriyadi di Banjarmasin, Rabu.

Menurut dia, sosialisasi Pemilu Damai 2023 ini diupayakan dilakukan ke semua masyarakat di lima kecamatan di kota ini. "Kita intensif juga hingga ke-52 kelurahan di kota ini," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ungkap Iwan, Pemilu 2024 diawali dengan pemilihan anggota legislatif dari kabupaten/kota, provinsi hingga pusat dan anggota perwakilan daerah pusat serta pemilihan presiden dan wakil presiden pada 14 Februari 2024.

Selanjutnya, kata Harry Wijaya, Pemilu untuk pemilihan kepala daerah dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi pada 27 November 2024. Pemkot Banjarmasin mengajak kepada semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024 dengan tertib, aman dan damai. Maka dari itu, semua masyarakat harus bisa dewasa dalam berpolitik. "Harus menjunjung tinggi etika politik dan menjaga sopan santun serta menghindari konflik yang bisa merusak persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Selain itu, dia mengimbau kepada semua unsur masyarakat menghindari adanya penyebaran berita hoaks yang dapat menebar kebencian hingga merusak persatuan. "Junjung tinggi nilai-nilai demokrasi, hormati perbedaan pendapat dan menolak segala bentuk provokasi maupun kekerasan," demikian kata Iwan.

Baca juga: Partai Gelora deklarasi Capres Anis Matta
Baca juga: Demokrat harap koalisi segera deklarasikan Anies Baswedan jadi capres Pemilu 2024


KPU menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin sebanyak 485.062 orang. Untuk tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.935 titik dan 5 TPS di lokasi khusus (Lapas Kelas 2A Banjarmasin).