25 mahasiswa dari 3 universitas di Lombok magang di ANTARA NTB

id Mahasiswa Magang di Antara ,Antaranews

25 mahasiswa dari 3 universitas di Lombok magang di ANTARA NTB

Foto bersama Kepala Biro LKBN Antara NTB, Riza Fahriza (Tengah) dengan para mahasiswa magang (ANTARA/Ho-khaerul)

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 25 mahasiswa dari tiga universitas di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, melaksanakan magang di Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro NTB selama dua bulan mulai September 2023.
 
Ke-25 mahasiswa tersebut dari Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Nahdlatul Wathan Lombok Timur, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, dan Universitas Mataram (Unram).

"Setiap tahun, LKBN ANTARA Biro NTB menerima mahasiswa magang," kata Kepala Biro (Kabiro) LKBN ANTARA NTB, Riza Fahriza, di Mataram, Jumat.

Kabiro ANTARA NTB menyebutkan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian lembaga terhadap generasi masa depan Indonesia, agar mereka mempraktikkan ilmu yang diajarkan di bangku kuliah.

Pasalnya, kata dia, lembaga kantor berita ANTARA memfokuskan pada persoalan literasi di kala berita bohong atau hoaks berseliweran di dunia maya.

"Mereka langsung praktik di lapangan untuk melatih wawancara, peliputan, teknik membuat berita, mengambil foto dan video. Serta membuat infografik sampai pengelolaan media sosial (medsos) dari Instagram, Facebook, Youtube dan tiktok," katanya.

Diharapkan, kata dia, seusai magang mereka akan memahami akan dasar-dasar jurnalistik sampai medsos. "Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh, ke depannya bisa diterapkan oleh mereka," katanya.

Sebelumnya, Dosen Pembimbing PKL Mahasiswa IAIH NW, Idham Khalid di Mataram, Selasa, mengharapkan mahasiswa IAIH NW yang PKL di ANTARA Biro NTB mampu mempraktikkan teori yang diajarkan selama di perkuliahan.

"Kami percaya kepada LKBN ANTARA sebagai tempat PKL," katanya.