Pemkot Mataram menetapkan penanganan sampah jadi program prioritas

id pengolahan sampah di Mataram,NTB,program prioritas

Pemkot Mataram menetapkan penanganan sampah jadi program prioritas

Ilustrasi: Telur maggot sebagai upaya pengurangan sampah melalui budi daya maggot di Mataram Maggot Ceter (MCC) di Kebon Talo Ampenan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (FOTO ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menetapkan penanganan sampah di kota ini menjadi salah satu program prioritas agar permasalahan sampah bisa diselesaikan dari hulu hingga hilir.

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Jumat, mengatakan, masalah sampah di kota-kota besar adalah tantangan serius yang perlu diatasi untuk menjaga kebersihan, kesehatan masyarakat, dan lingkungan yang berkelanjutan.

"Kota Mataram sebagai ibu kota dan pusat segala aktivitas, menuntut semua pihak harus bekerja lebih ekstra dalam penanganan sampah dalam rangka menciptakan Kota Mataram yang bersih," katanya.

Oleh karena itu, wali kota mengapresiasi inovasi program yang sudah dan akan dilaksanakan semua kecamatan beserta kelurahan dan harus selaras dengan konsistensi dari pemangku kepentingan terkait guna mengoptimalkan penanganan sampah di kota ini.

Selain itu, pihaknya meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) diharapkan bisa memprioritaskan anggaran di semua kecamatan dan kelurahan agar program-program penanganan sampah bisa dilaksanakan secara maksimal.

"Ke depan, setiap bulan kita adakan rapat koordinasi terkait progres program penanganan sampah di setiap kelurahan agar kita tahun perkembangannya," katanya.

Sementara Kepala Bappeda Kota Mataram H M Ramayoga yang dikonfirmasi terkait dengan dukungan anggaran penanganan sampah mengatakan, untuk besaran anggaran secara pasti saat ini belum dapat ditetapkan.

"Hanya saja, anggaran satu kecamatan atau kelurahan akan berbeda sesuai dengan kondisi di wilayah masing-masing," katanya.