Bassani hengkang dari Motocorsa dan isi kursi Rea

id axel bassani,jonathan rea,kawasaki racing,motocorsa racing,WSBK

Bassani hengkang dari Motocorsa dan isi kursi Rea

Pembalap tim Motocorsa Racing Axel Bassani memacu kecepatannya saat sesi latihan bebas kedua (FP2) WSBK 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Setelah tiga tahun berada di tim Motocorsa Racing, pembalap Axel Bassani akan pindah dan bergabung dengan tim Kawasaki Racing untuk mengarungi World Superbike (WSBK) 2024. Pembalap berusia 24 tahun itu secara resmi akan mengisi kursi kosong tim pabrikan Kawasaki yang ditinggalkan oleh Jonathan Rea yang baru-baru ini dikonfirmasi pindah ke tim Pata Yamaha Prometeon untuk musim mendatang.

"Saya sangat senang atas peluang luar biasa yang ditawarkan Kawasaki kepada saya. Saya akan memberikan yang terbaik dari diri saya, baik di dalam maupun di luar lintasan untuk mencapai hasil terbaik, berharap dapat memberikan emosi dan kepuasan yang luar biasa kepada semua penggemar Kawasaki," kata Bassani, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Sabtu.

Ini merupakan impian utama Bassani untuk beralih dari tim independen ke tim pabrikan yang sudah ia incar selama dua musim terakhir. Dengan ini, maka Bassani akan membalap bersama Alex Lowes di tim yang identik dengan warna hijau itu.

Adapun Bassani pertama kali memulai Kejuaraan Superstock 600 Eropa bersama Kawasaki pada 2015 dan ia naik podium dengan berada di P2 di Sirkuit Magny-Cours, Prancis. Beberapa musim kemudian, ia kembali dan bergabung dengan Provec Racing. Lalu pada 2016, pembalap yang dijuluki "El Bocia" itu naik ke kelas World Supersport (WSSP). Bassani kembali ke Italia pada 2018 dan 2019 untuk mempelajari mesin motor Superbike. Pertama, ia menjajal BMW S1000RR, sebelum akhirnya pindah ke tim Motoxracing Yamaha dan Motocorsa.

Di sisi lain, Pemimpin Kawasaki Racing Guim Roda mengaku sangat gembira menyambut pembalap muda asal Italia itu di tim. "Citranya yang segar, tulus, menyenangkan, ia memiliki banyak potensi untuk mewakili citra Kawasaki di dunia. Alex Lowes sekarang perlu menerapkan semua pengalamannya, sementara Axel memiliki sedikit waktu untuk belajar," kata Roda.

Baca juga: Pebalap Mario Aji soroti tantangan tikungan tajam
Baca juga: Logistik pebalap MotoGP Mandalika dijadwalkan tiba awal Oktober 2023


"Kami sangat senang dengan struktur yang kami usulkan untuk 2024 dan kami sangat termotivasi untuk menikmati balapan dan memanfaatkan aspek terbaik dari Ninja ZX-10RR. Saya harap para penggemar menikmati musim depan dengan proyek terbaru yang sedang kami kerjakan ini," imbuhnya.