MUI imbau warga berjaga-jaga hadapi dampak El Nino

id dampak el nino,antisipasi el nino,majelis ulama indonesia

MUI imbau warga berjaga-jaga hadapi dampak El Nino

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas. (ANTARA/HO-MUI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengimbau warga untuk berjaga-jaga menghadapi dampak fenomena El Nino, yang membuat curah hujan berkurang dan menyebabkan kekeringan di wilayah Indonesia.

"Pertama, yakni dengan menghemat penggunaan air," kata Anwar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu. Dia juga menyarankan warga untuk melakukan langkah-langkah guna mengurangi risiko kebakaran serta bergotong royong memberantas sarang nyamuk yang bisa menjadi perantara penularan penyakit.

Selain itu, menurut dia, masyarakat sebaiknya meningkatkan kapasitas mitigasi guna menekan dampak bencana alam yang dapat terjadi pada musim kemarau. 

Anwar mengemukakan bahwa pemerintah dan masyarakat mesti bahu membahu mengatasi dampak fenomena El Nino. Selain melakukan langkah-langkah untuk menghadapi pengaruh El Nino terhadap kegiatan pertanian serta ketersediaan air dan pangan, menurut dia, pemerintah juga mesti menyiagakan fasilitas pelayanan kesehatan guna menangani masalah-masalah kesehatan yang terjadi pada musim kemarau yang kering.

Baca juga: Dua kecamatan di Kota Mataram berstatus awas dampak El Nino
Baca juga: Waspadai hujan lebat sejumlah wilayah Indonesia


"Kerja sama antara sesama masyarakat, serta masyarakat dengan pemerintah tentu menjadi sesuatu yang sangat penting agar masalah yang timbul oleh El Nino ini dapat diatasi," katanya.

Anwar juga mengajak warga Muslim untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan melaksanakan shalat istisqa' --shalat untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan, sebagai pelengkap ikhtiar-ikhtiar yang dijalankan guna menghadapi dampak El Nino.