Pemerintah Sulbar mengembangkan SMK kakao

id SMK kakao Sulbar,Komoditas ekspor,Kakao,Hasil Pertanian,Kembangkan Kakao,SMK Kakao,Sulbar,Pendidikan Tinggi

Pemerintah Sulbar mengembangkan SMK kakao

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mengunjungi SMK kakao di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Jumat (06/10/2023) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengembangkan sarana dan prasarana SMK(Sekolah Menengah Kejuruan) kakao di kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju dalam rangka meningkatkan produksi tanaman perkebunan andalan tersebut di daerah itu.

Penjabat Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh di Mamuju, Jumat mengatakan, pemerintah Sulbar akan meningkatkan produksi kakao dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengembangkannya.

Ia mengatakan, peningkatan sarana dan prasarana pada SMK kakao yang terletak di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju akan dilaksanakan pemerintah Sulbar untuk mencapai tujuan peningkatan produksi kakao.

"SMK kakao berstatus Negeri di Sulbar adalah salah satu aset milik Pemprov Sulbar, dan merupakan satu-satunya di Indonesia yang menaruh perhatian pada sektor pengembangan produksi kakao, sehingga akan terus dikembangkan," katanya.

Ia menyampaikan, banyak sarana dan prasarana yang butuh dilengkapi di SMK kakao Sulbar dan akan menjadi tugas pemerintah. "Akan dibersihkan dan dilengkapi segala fasilitasnya baik sarana olahraga, ruang budi daya produksi kakao dan lainnya yang dibutuhkan untuk membuat sekolah tersebut lebih maju," katanya.

Baca juga: Penambahan SDM perkuat lembaga lindungi pekerja migran
Baca juga: Kejaksaan butuh talenta SDM berkualitas


Ia mengatakan, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki SMK kakao Sulbar juga akan ditingkatkan agar kualitas pendidikannya juga meningkat sehingga dapat berperan di masa mendatang.  "Akan dimanfaatkan program 1000 beasiswa yang dijalankan pemerintah Sulbar, yang juga diperuntukkan bagi guru di SMK kakao untuk dapat mengembangkan diri memajukan pendidikan di SMK tersebut," katanya.

Ia juga meminta agar pihak sekolah SMK kakao mulai menata diri agar setiap orang yang berkunjung dapat terkesan dengan sekolah tersebut sehingga semakin diminati masyarakat.