Dekranasda Gorontalo mengajak UMKM kembangkan usaha di lokapasar digital

id UMKM,digital,marketplace,Gorontalo,UMKM Gorontalo,UMKM Digital

Dekranasda Gorontalo mengajak UMKM kembangkan usaha di lokapasar digital

Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo Fory Naway. ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Gorontalo

Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengajak kaum perempuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha di lokapasar (marketplace) digital.

"Untuk mengembangkan usaha UMKM saya sarankan bergabung dengan marketplace," ucap Ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo Fory Naway di Gorontalo, Senin.

Menurut dia, dengan adanya sistem daring untuk pemesanan maupun pembayaran maka UMKM bisa bergabung dengan marketplace seperti, Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain-lain.

Pada lokapasar digital kata Forym UMKM juga memiliki fitur obrolan yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Hal itu juga merupakan satu upaya untuk memperluas penjualan.

"Saya menyarankan kepada kaum perempuan yang ingin berwirausaha untuk memulai menjaring koneksi melalui sosial media seperti grup Facebook ataupun dari perkumpulan UMKM serta dari kebijakan-kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah," kata dia.

Fory juga mengatakan jika koperasi wanita sebagai salah satu wadah aktivitas ekonomi yang memiliki posisi strategis dalam menggerakkan ekonomi lokal terutama di daerah.

Hal itu karena koperasi wanita mampu memberdayakan perempuan, menumbuhkan wirausaha baru skala mikro dan kecil menengah serta menciptakan kesejahteraan dan keamanan.

Peran wanita kata Fory, dalam membantu perekonomian mulai dari tingkat keluarga tidak bisa dikesampingkan. "Ada pepatah yang bilang, apabila kaum perempuan berdaya maka ekonomi akan jaya," ungkap nya.

Dalam pengembangan ekonomi, keberadaan koperasi wanita atau Kopwan di Kabupaten Gorontalo harus terus diperkuat terutama dalam mendorong kemajuan perekonomian utamanya dalam Provinsi Gorontalo Sebagai lembaga keuangan mikro, koperasi wanita turut berperan dalam meningkatkan akses masyarakat kecil terhadap permodalan secara cepat, murah dan tanpa keagungan.

Baca juga: Rumah BUMN Denpasar meraih penghargaan mampu berdayakan UKM
Baca juga: PLUT jadi sentra promosi UMKM Lombok Tengah


"Potensi dari pemberdayaan UMKM khususnya perempuan dinilai dapat berperan besar dan dapat efek ganda kepada perekonomian salah satunya adalah digitalisasi UMKM," kata dia, lagi.