Dinsos- Baznas Mataram siap bantu perbaiki rumah korban angin puting beliung

id bantuan korban puting beliung,Perbaikan rumah di NTB,angin Puting Beliung

Dinsos- Baznas Mataram siap bantu perbaiki rumah korban angin puting beliung

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mataram Andi Darwis. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram, menyatakan siap membantu perbaikan rumah tiga kepala keluarga (KK) yang menjadi korban angin puting beliung di Kelurahan Pagutan Timur.

"Untuk bantuan perbaikan fisik rumah tiga KK yang terdampak angin puting beliung pekan lalu sudah kita koordinasikan dengan Baznas dan mereka menyatakan siap," kata Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mataram Andi Darwis di Mataram, Kamis.

Namun demikian, lanjutnya, Baznas terlebih dahulu akan melakukan asesmen dan pendataan rumah korban termasuk kebutuhan anggaran agar bantuan bisa tepat sasaran.

"Jika tidak bisa tahun ini, awal tahun 2024 bantuan akan diberikan Baznas. Bahkan, kalau rumah tersebut memenuhi kriteria rumah tidak layak huni maka bisa masuk program pemugaran tahun depan," katanya.

Sebelumnya, lanjut Andi, setelah bencana angin puting beliung menimpa tiga rumah warga tersebut, Dinsos sudah menyalurkan bantuan penanggulangan bencana untuk kebutuhan dasar.

Kebutuhan dasar tersebut berupa paket sembako seperti beras, minyak, sarden, air mineral, tikar, terpal, dan kebutuhan dasar lainnya.

"Jadi kalau ada bencana, paket sembako langsung kita distribusi agar kebutuhan dasar para korban tetap terpenuhi. Terpal digunakan korban untuk atap sementara," katanya.

Lebih jauh Andi menambahkan, sebagai kesiapsiagaan menghadapi bencana selama cuaca ekstrem, telah dilakukan pengecekan dan uji coba terhadap sejumlah logistik dan sarana prasarana penanganan kebencanaan, guna memastikan peralatan yang dimiliki sudah siap pakai pada Rabu (13/12-2023).

Baca juga: Rumah warga dan asrama di Aceh rusak diterjang puting beliung
Baca juga: 94 rumah di Kota Bima rusak diterjang angin puting beliung


"Pengecekan dan uji coba logistik serta sarana prasarana kebencanaan sebagai bentuk kesiapsiagaan kita menghadapi potensi bencana hidrometeorologi dampak anomali cuaca," katanya.

Beberapa peralatan dan logistik kesiapsiagaan bencana di Dinas Sosial yang telah diujicoba antara lain, mobil dapur umum lapangan (Dumlap), tangki air bersih kapasitas 6.000 liter, genset, termasuk "speed boat" yang disiapkan di Pantai Ampenan.

"Alhamdulillah, hasil uji coba kami terhadap peralatan penanggulangan bencana itu, semua dalam posisi baik dan siap pakai," katanya menambahkan.