BMKG ajak warga waspadai gelombang laut tinggi perairan Sulut

id Bmkg,Gelombang Laut Tinggi di Sulut,Gelombang laut,info BMKG terkini

BMKG ajak warga waspadai gelombang laut tinggi perairan Sulut

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak warga mewaspadai gelombang tinggi di perairan wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya. ANTARA (1)

Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak warga mewaspadai gelombang tinggi di perairan wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 21 Desember 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado, Selasa.

Dia menjelaskan, pola angin dominan bergerak dari utara - timur dengan kecepatan berkisar antara empat hingga 15 knot.

Tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter (sedang) diperkirakan terjadi di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, perairan timur Kabupaten Kepulauan Sitaro, perairan Bitung – Likupang dan Laut Maluku bagian utara.

Dia berharap, warga mewaspadai risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, misalkan perahu nelayan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Baca juga: Info BMKG: Cuaca di Jakarta diprakirakan cerah hingga Selasa malam
Baca juga: Gempa bumi M 3,3 di Barat Laut Jailolo Maluku Utara


Kapal tongkang, memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Kapal Feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah area peringatan dini diharapkan mempertimbangkan kondisi tersebut," ajak Ricky.