Insiden truk tabrak stasiun LRT di Sumsel tak ganggu operasional

id Sumsel,palembang,Lakalantas,truk menabrak tiang lrt

Insiden truk tabrak stasiun LRT di Sumsel tak ganggu operasional

Truk laka tunggal hantam tiang LRT di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (23/12/2023). (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) - Balai Pengelolaan Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) menyebutkan insiden truk kecelakaan lalu lintas tunggal truk menabrak sisi barat Stasiun LRT Asrama Haji, Kota Palembang, tidak mengganggu operasional layanan moda transportasi kereta ringan.

Kepala BKARSS Rode Paulus di Palembang, Sabtu, mengatakan berdasarkan keterangan petugas keamanan LRT Sumsel, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Posisi mobil saat kejadian berada di sisi jalan menuju bandara.

Sesaat sebelum melintas di bawah Stasiun LRT Asrama Haji, bak truk tersebut tiba-tiba terangkat lalu menghantam bagian bawah stasiun. Setelah itu, mobil oleng ke kanan dan menabrak tiang stasiun.

Akibatnya terjadi kerusakan pada ACP (alumunium composite panel) stasiun dan kejadian tersebut menarik perhatian masyarakat sehingga kemacetan tidak terhindarkan.

"Saat kejadian petugas di lapangan langsung diluncurkan. Kebetulan di waktu yang sama kami sedang melaksanakan posko pemantauan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan para petugas langsung sigap," katanya.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, katanya, selain tim dari BPKARSS dan PT KAI, bantuan juga datang dari pihak kepolisian. Mereka melakukan olah tempat kejadian perkara untuk memastikan penyebab kejadian, dampak, dan mengumpulkan keterangan saksi.

"Tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan. Semua aman terkendali," jelasnya.

Dugaan sementara dari pihak kepolisian, laka lantas tersebut terjadi karena bak truk terbuka tiba-tiba sehingga sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraan.

"Setelah semua proses evakuasi selesai, kami akan melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap kerusakan yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut. Kejadian kecelakaan ini untungnya tidak berpengaruh terhadap operasional dan pelayanan LRT Sumsel,” ujarnya.

Baca juga: KAI antisipasi gangguan perjalanan KA jelang Tahun Baru 2024
Baca juga: KCIC mengimbau masyarakat beli tiket kereta Whoosh lewat saluran resmi


Dari kejadian tersebut akan lebih waspada ke depan serta menyiapkan upaya mitigasi terhadap kecelakaan di jalan raya yang berdampak pada fasilitas operasional LRT seperti ini akan sangat diperlukan, kata Rode.