Cawapres Gibran ungguli cawapres lain dalam debat Pilpres 2024

id Debat gibran,prabowo gibran,tkn,tkn fanta

Cawapres Gibran ungguli cawapres lain dalam debat Pilpres 2024

Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ferry Latuhihin (kedua kanan), berbicara saat Diskusi Evaluasi Debat Cawapres yang digelar di Markas TKN Fanta HQ, Jakarta, Sabtu (23/12/2023). ANTARA/HO-TKN Prabowo-Gibran

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ferry Latuhihin, mengatakan Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka berhasil mengungguli cawaperes Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md. dalam Debat Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (22/12) malam.
 

Ferry Latuhihin menilai Gibran sebagai pemimpin muda telah menunjukkan kualitas dirinya dalam debat tersebut.

"Gibran merespons pertanyaan dan menjawabnya juga sangat tajam. Skornya dibanding paslon 01 dan 03, yang on the top Mas Gibran," kata Ferry dalam Diskusi Evaluasi Debat Cawapres yang digelar di Markas TKN Fanta HQ, Jakarta, berdasarkan keterangan yang diterima, Sabtu.

Ia menambahkan bahwa penampilan Gibran dalam debat itu di luar perkiraan banyak orang dengan menunjukkan kelugasan dalam memaparkan visi dan misinya.

Selama ini, kata dia, Gibran telah dipandang sebelah mata oleh lawan.

Meski menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, kata Ferry, Gibran dianggap minim pengalaman dan belum matang berpolitik. Namun, faktanya Gibran justru mampu menguasai panggung debat cawapres melampaui pesaingnya.

Ferry menilai keberhasilan Gibran melahap seluruh materi debat dengan tema ekonomi dan infrastruktur tak lepas dari kiprahnya sebagai pebisnis yang merintis usahanya dari nol.

"Latar belakang Gibran ekonomi dan bisnis. Beliau itu angkatan milenial yang otaknya beda dengan angkatan baby boomers. Angkatan baby boomers itu angkatan Cak Imin dan Mahfud yang tidak tertarik dengan ekonomi dan bisnis. Sementara itu, milenial dan generasi Z itu otaknya udah penuh rencana bisnis," ujarnya.

Selain itu, Ferry optimistis bahwa anak-anak muda akan melabuhkan pilihannya kepada pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Ia menilai hanya Prabowo-Gibran yang memberikan ruang kepada generasi muda untuk berkiprah menuju Indonesia Emas.

"Generasi muda ini sangat bisa optimistis jika Pak Prabowo dan Mas Gibran keluar menjadi pemenang. Pasti ada kesempatan di situ untuk berkarya, berkarier, bahkan bereksperimen," katanya.

Baca juga: Relawan Praka nilai gagasan Gibran dalam debat pilpres paling konkret
Baca juga: Timses sebut penampilan Gibran saat debat cerminkan semangat Golkar 

Sebelumnya, KPU RI melaksanakan debat kedua cawapres Pemilu 2024 pada hari Jumat (22/12) dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.