Presiden Rusia bertemu Menlu Korut di tengah pendalaman kerja sama militer

id Putin,Vladimir Putin,presiden rusia,korea utara,Rusia Korea utara,menlu korea utara,Choe Son-hui,sergei lavrov

Presiden Rusia bertemu Menlu Korut di tengah pendalaman kerja sama militer

Arsip - Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidatonya dalam peringatan satu tahun reunifikasi empat wilayah Ukraina dengan Rusia, Sabtu (30/9/2023). (ANTARA/HO-Kremlin/am.)

Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui di tengah pendalaman kerja sama militer antara kedua negara.
 

Putin bertemu dengan Choe pada Selasa malam (16/1) dan diberi pengarahan tentang hasil pembicaraan antara Choe dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari sebelumnya, kata Kremlin, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Choe telah melakukan kunjungan tiga hari ke Rusia atas undangan Lavrov. Kunjungan itu dilakukan di tengah pendalaman kerja sama militer antara kedua negara.

Korea Utara memberi Rusia senjata untuk digunakan dalam perangnya dengan Ukraina sebagai imbalan bagi Rusia yang memberikan bantuan teknis untuk program senjata Pyongyang. Selama pembicaraan dengan Choe, Lavrov menyatakan penghargaan atas dukungan Pyongyang dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" Rusia di Ukraina.

Sementara itu, Choe mengatakan Korea Utara akan benar-benar memenuhi kesepakatan yang telah dicapai pada pertemuan puncak pada September lalu antara Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Pada Senin (15/1), Kremlin mengatakan pihaknya bermaksud untuk lebih mengembangkan kemitraan dengan Korea Utara di semua bidang, dengan menyebut Korea Utara sebagai "tetangga dan mitra terdekat”.

Baca juga: Putin akan bertemu Menlu Korut, hubungan Rusia-Korut kian dekat
Baca juga: Presiden Putin tandaskan Rusia tidak akan pernah mundur

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov juga mengatakan Moskow berharap kunjungan Putin ke Korea Utara akan berlangsung pada masa mendatang dan menambahkan bahwa koordinasi lebih lanjut, termasuk penentuan waktunya, akan dibahas melalui saluran diplomatik. Media pemerintah Korea Utara sejauh ini belum melaporkan tentang pertemuan antara Putin dan Choe.

Sumber: Yonhap