Turis kunjungi Bukit Porong Labuan Bajo capai 1.450 orang

id Kunjungan wisatawan, Destinasi Wisata Bukit Porong, Desa Wisata Coal, Alfonsius Suparno Patut, destinasi wisata,labuan bajo,turis,wisata,NTT

Turis kunjungi Bukit Porong Labuan Bajo capai 1.450 orang

View point Bukit Porong Desa Wisata Coal dengan spot foto yang menawarkan keindahan alam dan sunrise (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2023 mencapai 192 orang dan wisatawan nusantara mencapai 1.258 orang
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Porong Desa Wisata Coal Alfonsius Sumarno Patut menyebutkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Bukit Porong yang merupakan bagian dari pengembangan Labuan Bajo pada tahun 2023 mencapai sebanyak 1.450 orang.

"Kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2023 mencapai 192 orang dan wisatawan nusantara mencapai 1.258 orang," kata Alfonsius Sumarno Patut dihubungi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa.

Destinasi wisata Bukit Porong berada di sebelah timur Labuan Bajo tepatnya berada di Desa Coal Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Alami dan indah, Desa Wisata Wae Lolos Manggarai Barat ramai dikunjungi wisatawan
 
Menurut Alfonso, pada tahun 2023 terjadi kenaikan kunjungan wisatawan sebab pada tahun 2022 tercatat sebanyak 1.090 pengunjung.
 
"Kenaikan kunjungan wisatawan ini karena pengaruh dari konten marketing Bukit Porong yang selalu viral di media sosial dan juga penawaran produk wisata desa yang sudah dikemas dalam paket wisata," ungkapnya.
 
Dia menjelaskan berbagai atraksi alam dan budaya di destinasi wisata Bukit Porong Desa Wisata Coal menjadikan tempat wisata itu digemari wisatawan.
 
"Terdapat berbagai macam daya tarik dan aktivitas yang memikat wisatawan untuk berkunjung seperti view point Bukit Porong dengan spot foto Instagramable yang menawarkan keindahan alam dan sunrise, wisata budaya Natas Labar, wisata budaya Uma Duat, kuliner, welcome sunrise, Festival Natas Labar yang memperoleh Piagam Penghargaan dari MarkPlus Tourism pada tahun 2023, wisata edukasi dan live music," katanya.
 
Baca juga: Tujuh destinasi alam di Desa Wisata Wae Lolos NTT
Baca juga: Badan Otorita Labuan Bajo jadwalkan rutin diskusi


"Bukit Porong sudah memperluas jejaring kolaborasi hingga travel agent internasional sejak tahun 2022 sampai sekarang. Pada tahun 2023 berhasil mendatangkan pelajar dan guru dari Melbourne High School Australia berkat kerja sama dengan Impact Adventure Australia," katanya.
 
Lebih lanjut dia berharap pengembangan Desa Wisata Coal dapat berdampak pada keberlangsungan ekonomi masyarakat, membuka lapangan pekerjaan dan menjadi wadah edukasi bagi generasi.
 
"Kemudian mengharapkan juga adanya bantuan dari pihak pemerintah dan pihak swasta untuk membantu memperbaiki sarana prasarana di Bukit Porong," katanya.

Baca juga: BPOLBF lakukan koordinasi terpadu perkuat SOP wisata bahari