Gelegar Khazanah Ramadhan di NTB dorong penguatan ekonomi

id Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan 1445 Hijriah,Khazanah Ramadhan di NTB,Pemprov NTB

Gelegar Khazanah Ramadhan di NTB dorong penguatan ekonomi

Sejumlah pengunjung memilih baju yang dijual di area bazar Pesona Khazanah Ramadhan 2024 di Islamic Center NTB di Mataram, NTB, Senin (18/3/2024). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Kegiatan ini selain wujud suka cita menyambut bulan suci Ramadhan
Mataram, NTB (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menggelar kegiatan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan 1445 Hijriah guna mendorong penguatan ekonomi masyarakat termasuk UMKM di wilayahnya.

Penjabat Sekda NTB Ibnu Salim mengatakan kegiatan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan 1445 Hijriah digelar untuk menghidupkan ekonomi UMKM dan IKM, termasuk meredam naiknya inflasi di daerah.

"Kegiatan ini selain wujud suka cita menyambut bulan suci Ramadhan dan ladang pahala dari aspek spiritualitas dari umat Islam. Tapi, kalau ditarik lebih luas energi dari kegiatan ini bagaimana kita menghidupkan UMKM dan IKM serta mendorong perekonomian dan menstabilkan inflasi di daerah," ujarnya di Mataram, NTB, Selasa.

Baca juga: Tastura Khazanah Ramadhan 2024 digelar di Lombok Tengah

Selain itu, kata Ibnu, kegiatan ini juga digelar dalam rangka membangkitkan NTB sebagai destinasi wisata halal.

Terlebih lagi, Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB tempat lokasi kegiatan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan 1445 Hijriah merupakan simbol destinasi wisata halal NTB, selain sebagai pusat ibadah umat Islam di wilayah itu.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Malady mengatakan kegiatan ini digelar selama 20 hari ke depan sejak dibuka 18 Maret hingga berakhir 5 April 2024.

Konsep acara tidak jauh dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya dengan bazar dan jual beli yang melibatkan Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) NTB.

"Gelegar Pesona Khazanah juga diramaikan kegiatan-kegiatan edukatif, kreatif dan pertunjukan seperti book fair, pameran seni budaya Islam, pameran busana, pameran handycraft, pameran tour and travel, lomba foto dan video, talkshow, e-sport, lomba mewarnai, fashion show umum dan OPD, pildacil dan lain sebagainya," ujar Jamal.

Baca juga: Pesona Khazanah Ramadhan menggerakkan ekonomi masyarakat

Jamaluddin mengatakan pengunjung diharapkan bisa mencapai seribuan per hari agar kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan baik, sehingga jemaah shalat Magrib dan Tarawih diharapkan bisa mampir di Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan ini.

"Mudah-mudahan Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan tahun ini jauh lebih ramai daripada tahun kemarin. Terlebih, banyak kegiatan yang meramaikan khazanah sekarang ini," katanya.

Baca juga: Dispar Mataram siap berpartisipasi Khazanah Ramadhan 1444 H

Sementara itu, Direktur Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo mengatakan selaku bank milik daerah pihaknya mendukung kegiatan tahunan tersebut, terlebih lagi kegiatan itu melibatkan pelaku UMKM yang ada di NTB.

Untuk itu, pihaknya berharap kegiatan ini dapat menggerakkan ekonomi dan menjadi hiburan serta bernilai manfaat bagi masyarakat NTB selama Ramadhan 2024.

"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi salah satu event yang dapat disuguhkan untuk masyarakat NTB dalam menyambut bulan suci Ramadhan," katanya.

Baca juga: Gema takbir menutup malam puncak Pesona Khazanah Ramadhan NTB