Presiden Jokowi sudah ucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran

id Presiden Joko Widodo, prabowo subianto, Pilpres 2024

Presiden Jokowi sudah ucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam. ANTARA/Andi Firdaus

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengucapkan selamat kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melalui sambungan telepon, atas kemenangan di Pilpres 2024.

"Oh sudah lewat telepon saya ucapkan selamat (kepada Prabowo)," kata Jokowi kepada wartawan usai menyaksikan secara langsung pertandingan sepakbola Indonesia melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis malam.

Saat ditanya apakah dirinya sudah memberikan ucapan selamat kepada putranya Gibran Rakabuming Raka yang merupakan pasangan Prabowo di Pilpres 2024, Jokowi mengatakan, "kita ucapin selamat. Udah."

Pada kesempatan itu wartawan juga menanyakan apakah Presiden memberikan arahan atau pesan kepada Prabowo yang akan menggantikan dirinya sebagai Presiden.

Jokowi menekankan bahwa Prabowo Subianto sudah tahu mana yang baik untuk negara.

Baca juga: Jokowi apresiasi kinerja KPU Pemilu 2024
Baca juga: Presiden Jokowi meresmikan 24 ruas jalan senilai Rp648 miliar di Kalbar


"Nggak perlulah (memberi pesan). Pak Prabowo sudah tahu mana yang baik untuk negara ini. Saya kira dia sudah tahu," jelas Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.