Pemkab Lombok Tengah mendukung penerapan SPBE

id SPBE ,Lombok Tengah ,NTB

Pemkab Lombok Tengah mendukung penerapan SPBE

Wakil Bupati Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) HM Nursiah (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Wakil Bupati Lombok Tengah HM Nursiah di Praya, Selasa, mengatakan dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setiap hari.

"SPBE ini adalah sebuah kebijakan untuk menghasilkan program dan kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kualitas layanan publik," katanya.

Ia mengatakan, penguatan SPBE ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi, dengan begitu masyarakat tidak akan banyak bertanya tentang agenda dan kegiatan pemerintah. Pembangunan jalan misalnya, sangat penting untuk publikasi data, proses perencanaan sampai proses akhir, sehingga hasilnya berupa jalan untuk dipublikasikan secara transparan.

"Kalau rangkaian proses penyusunan program itu disampaikan secara terbuka, transparan, disampaikan secara utuh, maka masyarakat tidak akan banyak bertanya-tanya," katanya.

Ia mengatakan ke depan SPBE harus mampu menghubungkan langsung dengan kebutuhan masyarakat baik di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pertanian, perikanan, koperasi dan lainnya.

"Melalui sistem ini akan mempermudah dalam melihat kecenderungan pasar. Maka SPBE sangat menentukan bagi kemajuan daerah," katanya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Muda pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ibu Munawwarah mengatakan KemenPAN-RB mendorong pemerintah daerah untuk bisa menyelesaikan arsitektur SPBE.

"Hal demikian akan menjadikan seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) dapat memiliki pedoman untuk dapat melaksanakan SPBE dengan baik," katanya.

Sejauh ini progres SPBE di Kabupaten Lombok Tengah memperlihatkan progres ke arah positif, hal ini terlihat dari nilai indeks SPBE Kabupaten Lombok Tengah yang selalu meningkat setiap tahun.

"SPBE ini untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Kominfo Lombok Tengah Muhamad mengatakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik mendorong dan mengatur penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek pemerintahan di seluruh tingkat baik pemerintah pusat maupun daerah.

"Dengan harapan proses pelayanan publik dan pengelolaan administrasi pemerintah dapat lebih efisien, transparan dan akuntabel," katanya.

Baca juga: Bandarlampung minta OPD maksimalkan layanan sistem elektronik
Baca juga: Mataram meraih penghargaan SPBE indeks tertinggi di NTB

Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi SPBE ini dalam implementasi penerapannya di daerah. Saat ini Diskominfo Lombok Tengah sedang menyiapkan konsep penyusunan arsitektur SPBE Kabupaten Lombok Tengah.

"Tujuan kegiatan ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta memperbaiki implementasinya di lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah," katanya.