Mataram meraih penghargaan SPBE indeks tertinggi di NTB

id Mataram raih penghargaan SPBE,NTB,SPBE

Mataram meraih penghargaan SPBE indeks tertinggi di NTB

Penjabat Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi (kiri) menyerahkan penghargaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 ke Pemerintah Kota Mataram yang diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa (kanan) di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (1/11/2023). ANTARA/Kominfo Mataram

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram menerima penghargaan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai kota terprogresif dengan indeks poin nilai 3,16 atau tertinggi dibandingkan kabupaten/kota di daerah ini.

Penghargaan SPBE 2023 itu di serahkan langsung oleh Penjabat Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi ke Pemerintah Kota Mataram yang diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa di Mataram, Rabu.

Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram I Nyoman Swandiasa mengatakan, keberhasilan Kota Mataram meraih penghargaan SPBE 2023 atas kerja keras dan dukungan semua pemangku kepentingan.

"Keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh pemangku kepentingan terkait yang sudah konsisten dalam menjalankan program SPBE. Penghargaan ini sebagai kado di awal bulan yang manis di November," katanya.

Menurutnya, Kota Mataram Sebagai salah satu daerah yang ditetapkan menjadi Kota Pintar (smart city) akan lebih intensif lagi dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang SPBE.

"Hal ini dimaksudkan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di era serba digital seperti saat ini," ujarnya.

Dikatakan, saat ini program SPBE merupakan hal penting dalam pemerintahan daerah, terutama dalam pelayanan publik untuk mencapai pemerintahan yang baik atau "good governance".

Piagam penghargaan SPBE itu diserahkan di sela kegiatan rapat koordinasi, akselerasi dan kolaborasi dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh Perwakilan Kepala Daerah serta seluruh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se-NTB, indeks poin Pemkot Mataram dalam SPBE ada pada nilai 3,16, dan berada di urutan tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di NTB.

Baca juga: Pemkab Lotim sosialisasi penyusunan arsitektur-peta rencana SPBE
Baca juga: Sidak SPBE pastikan stok elpiji aman jelang Idul Adha di Jatim


"Itu menjadi sebuah prestasi membanggakan bagi Pemerintah Kota Mataram terutama Dinas Diskominfo Kota Mataram yang mampu meraih penilaian 85.00 dalam pengelolaan satu data," katanya.