Antar tamu ke Baitullah, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus siapkan 11.900 KL avtur khusus haji flight 2024

id Pertamina Patra Niaga,Jemaah Haji,Stok Avtur,Embarkasi Surabaya

Antar tamu ke Baitullah, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus siapkan 11.900 KL avtur khusus haji flight 2024

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memastikan stok dan distribusi bahan bakar avtur aman untuk penerbangan jemaah haji dari embarkasi Surabaya dan embarkasi Lombok. (ANTARA/HO-Pertamina)

Mataram (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyiapkan total 11.900 kilo liter Avtur terdiri dari 10.600 kl Avtur untuk pesawat yang mengantar calon jemaah haji dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo dan 1.300 kl untuk Bandara Internasional Lombok. 

Jumlah tersebut diproyeksi akan bertambah dua kali lipat pada fase kepulangan jamaah haji ke tanah air.

Ahad Rahedi, Area Manager Comm, Rel & CSR Jatimbalinus, mengatakan jumlah tersebut diberikan kepada 106 maskapai yang mengantar sesuai kelompok terbang (kloter) untuk Juanda dan 13 kloter untuk Lombok. 

"Jadi per kloter atau maskapai mendapatkan rata-rata 100 kl avtur. Untuk musim haji tahun 2024 ini, ada peningkatan jamaah sebanyak 21 kloter dibandingkan tahun lalu dari Embarkasi Surabaya dan tambahan 1 kloter dari Embarkasi Lombok, sehingga jumlah avtur yang kami siapkan naik 22,6 persen dibandingkan tahun lalu," katanya.

Lebih lanjut, Ahad mengatakan, penyaluran avtur ke maskapai dilakukan sebelum calon jemaah haji tiba di bandara, di mana pesawat harus siap termasuk harus sudah full tank sebelum berangkat ke Arab Saudi. 

"Untuk bandara Juanda, penyaluran perdana dilakukan pada 12 Mei dinihari tadi pukul 03.00 WIB. Hari ini total ada 5 flight haji dan kami akan terus melayani hingga kepulangan Jamaah Haji nantinya," jelas Ahad.

Pihaknya memastikan stok dan pasokan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda dalam kondisi aman.

"Tidak hanya untuk maskapai yang memberangkatkan haji saja, namun juga untuk maskapai penerbangan yang melayani penerbangan umum lainnya kami pastikan stoknya aman," ujar Ahad.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebutkan terdapat 13 Aviation Fuel Terminal (AFT) se-Indonesia yang melayani penerbangan haji. 

Stok untuk 13 AFT bandara embarkasi tersebut dijamin aman. Secara nasional, saat ini ketahanan stok nasional Avtur juga diatas 22 hari, dan akan terus dijaga di atas level tersebut.

"Ketersediaan dan kesiapan stok selalu menjadi prioritas utama kami dalam menghadapi momen seperti ini. Setelah stok aman, kami akan memastikan proses distribusinya dilakukan dengan baik untuk mendukung kelancaran penerbangan haji," kata Irto.