Petenis Djokovic selamat dari drama lima set

id Djokovic,Medvedev,French Open,Grand Slam,Roland Garros

Petenis Djokovic selamat dari drama lima set

Novak Djokovic dari Serbia melakukan pukulan backhand terhadap Roberto Carballes Baena dari Spanyol selama pertandingan tunggal putra mereka di Court Philippe-Chatrier pada hari kelima turnamen tenis Prancis Terbuka di Kompleks Roland Garros di Paris pada 30 Mei 2024. ANTARA/AFP/Dimitar Dilkoff/pri. (AFP/DIMITAR DILKOFF)

Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic yang cedera memastikan maju ke perempat final French Open ke-15 berturut-turut dengan kemenangan "comeback" atas petenis Argentina Francisco Cerundolo pada babak keempat, Senin (3/6) waktu setempat.

Sementara Daniil Medvedev menjadi unggulan tertinggi yang tersingkir dari Roland Garros. Djokovic yang tertatih-tatih tampak akan mengalami kekalahan mengejutkan ketika tertinggal pada set keempat, namun bangkit dari tepi jurang untuk menang 6-1, 5-7, 3-6, 7-5, 6-3 setelah empat jam 39 menit.

"Saya mungkin terpaut tiga atau empat poin lagi untuk kalah dalam pertandingan ini," kata sang juara bertahan, seperti disiarkan AFP, Selasa.

"Saya tidak yakin bagaimana saya memenangi pertandingan ini."

Pada babak sebelumnya, petenis berusia 37 tahun itu mencapai babak 16 besar dengan mengalahkan petenis Italia Lorenzo Musetti dalam pertemuan lima set yang berakhir pada Minggu pukul 3.07 pagi.

Juara Grand Slam 24 kali itu tampaknya tidak merasakan dampak buruk saat ia mendominasi set pertama, tetapi kemudian memerlukan waktu istirahat medis di awal set kedua karena cedera lutut.

Djokovic, yang mengincar rekor kemenangan pertandingan Grand Slam ke-370 untuk unggul dari kedudukan imbang dengan Roger Federer, terus bermain tetapi terus berjalan dengan hati-hati di antara poin.

Cerundolo merebut set kedua dengan akhirnya mengambil break point setelah 12 kali gagal sebelumnya. Unggulan ke-23 itu unggul dua set berbanding satu melawan unggulan teratas yang semakin frustrasi.

Namun, entah dari mana, Djokovic berusaha keras untuk mematahkan servis dan menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Dia memaksakan ke set penentuan pada set point keempatnya dari gim ke-12. Bintang Serbia itu kemudian unggul 2-0 pada set kelima, namun lawannya berhasil menyamakan kedudukan.

Namun, Djokovic tidak dapat digagalkan. Ia meraih break penentu dengan pukulan forehand keras yang membentur bagian belakang baseline. Kemenangan dramatis dan satu lagi perempat final diamankan oleh Djokovic.

Baca juga: Petenis Indonesia Aldila kandas di babak kedua ganda putri French Open
Baca juga: Petenis Djokovic bertanding berupaya samai rekor Federer


Sementara itu, unggulan kelima Medvedev menderita kekalahan empat set dari petenis Australia Alex de Minaur, mengawali pertandingan dengan baik sebelum akhirnya kalah 4-6, 6-2, 6-1, 6-3. Penampilan terbaik Medvedev di French Open tetap berada di perempat final pada 2021, sementara ia juga kalah di babak pertama dalam lima dari delapan penampilannya.

"Alex bermain lebih baik," ujar Medvedev, mantan juara US Open dan enam kali finalis Grand Slam.

De Minaur belum pernah melewati babak kedua French Open sebelum tahun ini. Ia hanya memenangi tiga dari 10 pertandingan.