ACC catat kenaikan laba bersih 1 persen

id ACC,Astra,Astra Financial

ACC catat kenaikan laba bersih 1 persen

CEO Astra Credit Companies Hendry Christian Wong dalam “Media Workshop Astra Financial 2024” di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/6/2024). ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas

Bandung (ANTARA) - Astra Credit Companies (ACC), grup perusahaan pembiayaan, mencatatkan kenaikan laba bersih di kuartal I tahun 2024 sebesar 1 persen menjadi Rp505 miliar dibandingkan kuartal-I tahun 2023 Rp500 miliar.

“ACC Group mencatatkan Rp505 miliar dimana di kuartal I tahun lalu Rp500 miliar. Jadi, kita bertahan, tidak turun di tengah tekanan industri yang sangat challenging,” ungkap CEO ACC Hendry Christian Wong dalam “Media Workshop Astra Financial 2024” di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/6).

Namun, pembiayaan ACC di kuartal I melemah 1 persen menjadi Rp10,5 triliun jika dibandingkan dengan kuartal I tahun 2023. Menurut dia, ACC harus menghadapi beberapa tantangan pada tahun ini, salah satunya adalah pasar mobil yang cenderung melemah.

“Di roda empat secara industri mungkin tak sebaik yang di roda dua. Jadi, lebih challenging kalau kita lihat di kuartal I-2024 ini, karena penurunan yang dialami di industri mobil roda empat lebih dalam dibandingkan di roda dua. Kalau secara spesifik kinerja dari ACC Group di kuartal I ini, Alhamdulillah kita masih bisa acheive sampai dengan Maret Rp10,5 triliun pembiayaan. Jadi, relatively masih bisa bertahan flat,” ucapnya.

Kendati menghadapi berbagai tantangan, ACC disebut sudah mempersiapkan beberapa strategi untuk dapat tetap meraih target di tahun 2024.

Baca juga: Disdag Mataram segera menata Pasar Tradisional Mandalika
Baca juga: Indonesia kantongi dua perak dan satu perunggu dari ACC

Dia menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan pelayanan dan paket-paket pembiayaan yang menarik bersinergi dengan ekosistem otomotif, dan berpartisipasi aktif pada gelaran pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) bersama dengan Astra Financial.

ACC membiayai mobil baru dan mobil bekas semua merek yang masih mendominasi pembiayaan. Selain itu, ACC juga memiliki produk pembiayaan Fasilitas Dana, pembiayaan ACC Syariah, serta pembiayaan alat berat. Kemudian, terdapat pula pembiayaan mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Pembiayaan syariah dan Fasilitas Dana disebut bakal menjadi penopang kinerja ACC tahun 2024.

Untuk memberikan kemudahan untuk pelanggan, ACC juga memiliki layanan digital lewat ACCONE untuk reservasi perpanjangan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), Perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), Klaim Asuransi, dan layanan Booking Service.