Pemkab Lombok Utara tingkatkan keterampilan digital tematik guru

id Keterampilan digital ,Lombok Utara ,NTB,Tenaga pendidikan

Pemkab Lombok Utara tingkatkan keterampilan digital tematik guru

Pembukaan pelatihan keterampilan digital bagi tenaga pendidik yang digelar Pemkab Lombok Utara, Provinsi NTB, Selasa (25/06/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Utara

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya memberikan pelatihan akademi digital tematik bagi guru atau tenaga pendidikan di daerah itu.

Sekdis Dikbudpora Kabupaten Lombok Utara, Efendi, di Lombok Utara, Selasa, mengatakan, BPSDMP Kominfo Surabaya memang terkenal dengan program pelatihan yang berkualitas di berbagai bidang teknologi informasi dan komunikasi, termasuk desain grafis.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan baru dan keterampilan praktis bagi tenaga pendidik di Lombok Utara," katanya saat membuka acara tersebut di SMP Negeri 1 Tanjung.

Ia mengatakan, setelah selesai mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di sekolah dan media sosial.

"Ilmu yang didapatkan ini bisa diterapkan langsung di masing-masing sekolah dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Lombok Utara," katanya.

Selain mendalami teknik-teknik dasar desain grafis, peserta juga diperkenalkan dengan aplikasi-aplikasi terkini yang digunakan dalam industri kreatif.

Materi pelatihan mencakup pengenalan software desain, prinsip desain grafis, serta praktik langsung dalam pembuatan materi pembelajaran yang menarik dan informatif.

Dalam pelatihan selama tiga hari hingga 27 Juni 2024 itu BPSDMP Kominfo Surabaya tidak hanya memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga mendorong kolaborasi antardaerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penggunaan teknologi informasi.

"Dan komunikasi yang inovatif," katanya.