NTB Tuan Rumah Rakernas Asosiasi DPRD Provinsi

id DPRD NTB

Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan di Papua. Tapi, berdasarkan kesepakatan pimpinan DPRD se-Indonesia acara Rakernas ADPSI dan Forkom SDPSI di pindah ke NTB
Mataram (Antara NTB) - Provinsi Nusa Tenggara Barat ditunjuk sebagai tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi DPRD Provinsi seluruh Indonesia (ADPSI) yang diselenggarakan 7-10 Desember 2017.

"Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan di Papua. Tapi, berdasarkan kesepakatan pimpinan DPRD se-Indonesia acara Rakernas ADPSI dan Forkom SDPSI di pindah ke NTB," kata Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj Baiq Isvie Rupaedah didampingi Wakil Ketua DPRD, H Abdul Hadi dan Mori Hanafi serta Sekretaris DPRD, H Mahdi di Mataram, Minggu.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi DPRD Provinsi seluruh Indonesia (ADPSI) ini mengambil tema "Memperkuat Lembaga DPRD sebagai Penyelenggara Pemerintah Daerah". Kegiatan ini akan dirangkaikan dengan Forum Komunikasi Sekretaris DPRD Provinsi seluruh Indonesia (Forkom SDPSI) yang mengangkat tema "Melalui Raker Kita Perkuat Kelembagaan Forkom SDPSI Dalam Mendukung Tujuan ADPSI".

Menurut Hj Isvie, dipilihnya NTB karena daerah ini dianggap berbeda dari sebelumnya dan memiliki daya pikat tersendiri. Selain itu kata dia, tata letak NTB dianggap strategis dengan banyaknya lokasi pariwisata yang bisa dikunjungi.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat kelembagaan DPRD," katanya.

Ia menyatakan, dalam kegiatan rakernas wadah independen yang terselenggara tiga kali dalam lima tahun ini akan membahas sejumlah hal dan bersifat konsultatif sekaligus forum sharing informasi. Termasuk yang berkaitan dengan implementasi PP Nomor 18 Tahun 2017.

"Rencananya, acara ini akan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri)," terangnya.

Sementara itu, terkait persiapan NTB sebagai tuan rumah, lanjut politisi dari Partai Golkar ini, mengatakan semua sudah dalam keadaan siap.

"Saat ini panitia lokal sedang mempersiapkan pelaksanaan kegiatan, mulai persiapan penyambutan peserta dari lokasi kedatangan, transportasi menuju penginapan hingga pelaksanaan kegiatan dan pelayanan," tandasnya. (*)

Editor: Nur Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar