TNI Tanam 2.000 Pohon di Mandalika

id TNI TANAM POHON MADALIKA

Kegiatan penghijauan ini selain melaksanakan Instruksi Bapak Presiden, juga sebagai rangkaian memperingati Hari Juang Kartika ke 72 tahun 2017
Lombok Tengah (Antara NTB) - Sebanyak 600 personel TNI dari sejumlah kesatuan di bawah Korem 162/Wira Bhakti melakukan gerakan penanaman 2.000 bibit pohon di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu.

Penanaman bibit pohon di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini menindaklanjuti instruksi Presiden RI Ir Joko Widodo saat meresmikan KEK Mandalika kepada Pangdam IX/Udayana untuk melakukan penanaman pohon di KEK Mandalika, Lombok Tengah.

Danrem 162/WB Kolonel Inf Farif Makruf menyatakan penanaman 2.000 bibit pohon ini dikemas sebagai rangkaian memperingati Hari Juang Kartika ke 72 Tahun 2017.

"Kegiatan penghijauan ini selain melaksanakan Instruksi Bapak Presiden, juga sebagai rangkaian memperingati Hari Juang Kartika ke 72 tahun 2017," katanya.

Penanaman 2.000 bibit pohon jenis mahoni, trembesi dan sengon ini melibatkan 600 orang anggota TNI dari Korem 162/WB, Kodim se-Pulau Lombok, Satdisjan Korem 162/WB, Yonif 742/SWY, tanaga pengamanan ITDC dan para anggota Persit Koorcab Korem 162/WB. Penanaman pohon dilakukan di sekitar areal KEK Mandalika, Dusun Tikus, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Danrem menjelaskan, tujuan penanaman pohon itu dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi pemanasan global yang saat ini meresahkan dunia serta mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, aman dan nyaman.

"Dilaksanakannya karya bakti ini sebagai wujud kesadaran TNI terhadap lingkungan, semoga ke depan dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar khususnya dan dunia pariwisata umumnya," ujarnya.

Penanaman bibit pohon jenis mahoni diawali Danrem 162/WB yang kemudian diikuti oleh para komandan, kepala serta perwira dan seluruh personel yang hadir di lokasi penanaman. (*)