PLN berjuang melistriki ribuan warga Gili Gede

id Melistriki Gili Gede

PLN berjuang melistriki ribuan warga Gili Gede

Para pekerja PLN bekerja keras mengangkat travo listrik ke atas tongkang sederhana untuk dibawa ke Gili Gede Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB, hingga petang hari. (Foto Antaranews NTB/ist)

Sulitnya medan dan terbatasnya alat transportasi membuat kami harus bekerja lebih keras
Lombok Bara (Antaranews NTB) - PT Perusahaan Listrik Negara Wilayah Nusa Tenggara Barat sedang berjuang membangun infrastruktur agar seribuan warga Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, bisa menikmati listrik pada 2018.

General Manager PLN Wilayah NTB H Mukhtar, di Lombok Barat, Kamis, mengatakan untuk mengalirkan listrik ke pulau kecil itu dilakukan dengan membangun kabel laut 20 kiloVolt (kV) sepanjang 2 x 2,4 kilometer sirkuit (kms). Kabel tersebut akan disambungkan ke sistem kelistrikan Lombok.

"Sulitnya medan dan terbatasnya alat transportasi membuat kami harus bekerja lebih keras demi melistriki rumah 450 kepala keluarga yang berada di pulau itu," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa tantangan paling besar yang dihadapi saat melistriki wilayah-wilayah terpencil adalah medan yang sulit dan alat transportasi yang terbatas.

Untuk melistriki Gili Gede misalnya, pengangkutan peralatan kelistrikan dengan cara-cara tradisional, yaitu menggunakan tongkang sederhana yang ditarik oleh kapal kayu. Untuk menaikkan seluruh peralatan, seperti gulungan kabel, trafo dan tiang juga dilakukan secara manual, dengan digotong atau menggunakan gerobak.

Hal itu, lanjut Mukhtar, membuat proses pengangkutan dan pembangunannya lebih lama.

"Karena kapal dan peralatannya sederhana, tentu kami harus lebih hati-hati. Ombak besar sedikit, tentu menaikkan peralatan ke kapal lebih sulit, bahkan terkadang kami harus menunda pengangkutan sampai cuacanya membaik," ujarnya.

Begitu juga saat tiba di Gili Gede. Ia mengatakan seluruh peralatan diangkut dari dermaga menuju lokasi pemasangan menggunakan gerobak, bahkan terkadang harus digotong oleh beberapa petugas. Pasalnya, selain akses jalan yang kecil, di Gili Gede pun tidak terdapat mobil.

"Kami akan menyambungkan dua kabel sekaligus. Satu sebagai cadangan, sehingga jika ada gangguan, penyaluran listrik bisa dialihkan. Selain itu, kalau pertumbuhan beban tinggi, kami juga tetap bisa penuhi," ucap Mukhtar.

Gili Gede merupakan salah satu dari belasan pulau kecil di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata.

Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budi daya ikan laut. Beberapa penduduk juga memiliki rumah penginapan bagi wisatawan.

Saat ini, penduduk Gili Gede menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Oleh karena itu, kehadiran listrik PLN ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Gili Gede. (*)