Celine Dion bawakan lagu Edith Piaf saat pembukaan Olimpiade Paris

id Celine Dion,lagu prancis,olimpiade paris 2024

Celine Dion bawakan lagu Edith Piaf saat pembukaan Olimpiade Paris

Penyanyi Celine Dion saat tampil pada pembukaan Olimpiade Paris 2024 pada Jumat (26/7/2024). (IOC)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Celine Dion kembali tampil di panggung pada upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, Jumat malam (26/7) waktu setempat, membawakan lagu cinta Prancis populer berjudul "L’hymne à l’amour" dari penyanyi legendaris Edith Piaf.

Berdiri di balkon Menara Eiffel, tempat cincin Olimpiade dipasang, Celine Dion menyanyikan lagu itu di hadapan sekitar 300.000 penonton, termasuk 6.800 atlet, menurut artikel yang disiarkan di laman resmi Olimpiade Paris 2024.

Penampilan memukau penyanyi asal Kanada itu pada pembukaan Olimpiade Paris 2024 menandai kali pertama dia kembali menyanyi di panggung secara langsung sejak didiagnosis menderita stiff-person syndrome (SPS) pada 2022.

Penyakit neurologis yang menyebabkan kejang otot dan kekakuan pada tubuh atas dan bawah itu telah membuat pergerakan tubuh Celine Dion menjadi terbatas dan menyulitkan dia mengontrol pita suara.

Sekitar 75 tahun sebelum Celine Dion membawakan "L’hymne à l’amour" pada pembukaan Olimpiade Paris 2024, penyanyi legendaris Edith Piaf melantunkan lagu tersebut untuk pertama kalinya.

Edith Piaf membuat lagu tersebut di sebuah rumah yang dia tempati bersama Marcel Cerdan, petinju profesional berdarah Prancis-Aljazair dengan gelar juara dunia kelas menengah, untuk mengabadikan kisah cinta mereka.

Kisah cinta Piaf dengan Cerdan berakhir tragis saat pesawat yang membawa Cerdan jatuh di Atlantik pada 28 Oktober 1949. Ketika itu, Cerdan sedang dalam perjalanan menuju ke Amerika Utara untuk bertemu Piaf atas permintaannya.

Baca juga: Parade atlet Olimpiade Paris 2024 diguyur hujan deras
Baca juga: Pembukaan Olimpiade Paris 2024 dijaga ketat 77 ribu petugas keamanan
Baca juga: Olimpiade Paris 2024 dibuka dengan defile bersejarah