Pemkot Mataram siap sukseskan rakor nasional ANRI

id Pemerintah Kota Mataram,rakor ANDRI,Perpustakaan

Pemkot Mataram siap sukseskan rakor nasional ANRI

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Lalu Alwan Basri (depan kiri) saat audiensi dengan jajaran Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang dipimpin langsung oleh Direktur Kearsipan Daerah Satu Hilman Rosmana di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (15/8-2024). (ANTARA/Diskominfo)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyatakan siap menyukseskan rapat koordinasi tingkat nasional Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang dijadwalkan berlangsung 3-4 September 2024 di Mataram.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Lalu Alwan Basri di Mataram, Kamis, mengatakan, Pemerintah Kota Mataram menyambut dengan antusias agenda rapat koordinasi (rakor) nasional tersebut

"Kami berkomitmen memberikan dukungan penuh dalam persiapan dan pelaksanaan acara," katanya.

Pernyataan itu disampaikan dalam kegiatan audiensi untuk membahas persiapan menjelang rakor nasional ANRI yang dilaksanakan di Hotel Lombok Raya Mataram pada 2-4 September 2024, dengan jajaran ANRI yang dipimpin Direktur Kearsipan Daerah Satu Hilman Rosmana.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga menekankan pentingnya acara ini bagi pengembangan pengelolaan arsip di seluruh Indonesia, serta kontribusi Mataram dalam memfasilitasi pertukaran informasi dan pengalaman antar lembaga arsip.

"Karena itu, kami berkomitmen menyukseskan kegiatan rakor tersebut yang tentunya juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara Direktur Kearsipan Daerah 1 ANRI Hilman Rosmana, menyampaikan rincian agenda dan tujuan dari rakor tersebut yang akan dihadiri sekitar 1.700 peserta.

"Peserta itu terdiri atas 22 kepala daerah propinsi, 263 kepala daerah kabupaten/kota, selebihnya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Arsiparis," katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut dirangkaikan juga dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Srikandi (Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi ) yang akan dibuka langsung oleh Wali Kota Mataram  Mohan Roliskana sebagai tuan rumah Rakornas Srikandi.

Baca juga: Museum Negeri NTB ikuti pameran dunia Islam di Arab Saudi
Baca juga: Rencana rekrutmen PPPK pustakawan sudah sesuai jalur


Terkait dengan itu, kegiatan diskusi tersebut fokus pada berbagai aspek persiapan yang diperlukan untuk memastikan kelancaran acara, termasuk koordinasi logistik, penyediaan fasilitas, serta dukungan teknis dan administratif yang diperlukan selama acara berlangsung.

"Kami ingin Kota Mataram sebagai tuan rumah, dapat berpartisipasi mendukung untuk menyukseskan kegiatan itu," katanya.