Aditya Soekarno tak terkejar saat kunci emas nomor racing putra

id Balap sepeda BMX ,Aditya Fajar Putu Soekarno ,PON Aceh Sumut

Aditya Soekarno tak terkejar saat kunci emas nomor racing putra

Atlet Sumatera Selatan Aditya Fajar Putu Soekarno mengayuh sepeda saat bertanding dalam partai final nomor racing putra cabang olahraga balap sepeda BMX di kawasan GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (17/9/2024). (ANTARA/Fathur Rochman)

Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Atlet Sumatera Selatan Aditya Fajar Putu Soekarno tak terkejar saat mengunci medali emas nomor racing putra cabang olahraga balap sepeda BMX pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Bertanding di arena GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa, Aditya tampil meyakinkan dengan memimpin dari awal hingga akhir lomba dengan catatan waktu 37,735 detik.

Atlet yang kini menginjak usia 21 tahun itu sempat sedikit slip pada putaran kedua, tetapi dirinya mampu mengontrol dan terus mengayuh dengan kecepatan tinggi untuk menaklukkan sirkuit sepanjang 400 meter tersebut.

Sementara itu, atlet tuan rumah Sumatera Utara Muhammad Ibnu Rusyid Aulia mengekor di posisi kedua untuk mengamankan medali perak dengan raihan waktu 38,847 detik.

Adapun Rafelino Rahendra dari Jawa Tengah berhak atas medali perunggu setelah berhasil menjadi terbaik ketiga dengan perolehan waktu 39,392 detik.

Pada nomor racing putri, yang digelar sehari sebelumnya, atlet Jawa Tengah Amellya Nur Sifa menjadi yang tercepat dan berhak atas medali emas. Peraih medali emas Asian Games 2022 itu meraih podium tertinggi usai mencatatkan waktu 42,238 detik.

Baca juga: Pertandingan sementara ditunda akibat hujan gerimis
Baca juga: Joe Aditya persembahkan untuk Sulawesi Tengah


Atlet DKI Jakarta Rosida Stellina Romadhoni berhak atas medali perak setelah menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 43,127 detik. Sementara medali perunggu disegel oleh atlet Jawa Tengah Latifah dengan perolehan waktu 44,725 detik.

Pertandingan cabang olahraga balap sepeda BMX digelar pada 16 hingga 19 September 2024 di Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Terdapat tiga nomor yang dipertandingkan yaitu racing putra, freestyle - park putra, dan racing putri.