Bupati minta Kades perhatikan warga di pengungsian

id plt kade,pengungsian ,gempa lombok,najmul akhyar

Bupati minta Kades perhatikan warga di pengungsian

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH melatik 10 pelaksanan tugas kepala desa di Pendopo Menggala, Senin (17/9). Pelantikan ditandai dengan penandatanganan berita acara. Foto Rsd/Humas dan Protokol Setda KLU.

Para pejabat kades yang baru harus mampu mencari terobosan terhadap persoalan yang dihadapi. Tentu tak mudah untuk dipikirkan, namun jika dihadapi dengan sabar dan sungguh-sungguh, tentu dapat diuraikan
Mataram (Antaranews NTB) - Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH meminta para pelaksana tugas kepala desa (kades) memperhatikan warga yang masih di pengsian pascagempa Lombok, terutam anak-anak agar bisa tetap sekolah.

Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara (KLU) melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Selasa, menyebutkan demikian juga dengan ibu-ibu yang memiliki anak kecil agar diupayakan bisa menempati hunian tang terlindungi.

"Para pejabat kades yang baru harus mampu mencari terobosan terhadap persoalan yang dihadapi. Tentu tak mudah untuk dipikirkan, namun jika dihadapi dengan sabar dan sungguh-sungguh, tentu dapat diuraikan," katanya pada pelantikan 10 pelaksana tugas kades.

Terkait bantuan stimulan, Najmul Akhyar, mengimbau dalam pelaksanaannya masyarakat harus membentuk kelompok masyarakat (Pokmas) dengan anggota 10-20 orang, untuk mengefektifkan penyaluran dan pertanggung jawaban dari dana tersebut.

Begitu pula kepada jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) KLU untuk menganggarkan perspektif kebencanaan dalam perubahan APBD.
Ia mengatakan semangat ini juga harus "tertular" kepada desa-desa agar APBDes tertera anggaran untuk membangun hunian sementara, sehingga warga tidak lagi tinggal di tenda-tenda pengungsian.

"Berat atau tidaknya menjalankan amanah tersebut, tergantung dari keikhlasan menerima amanah yang diberikan. Jika kita ikhlas maka amanah terasa ringan, namun begitu sebaliknya. Mari kita bangun mindset berfikir kita, walaupun amanah ini berat tetapi mulia," ujarnya.

Selain itu, katanya, beban tugas yang diberikan menghantarkan pemilihan kepala desa pada wilayah masing-masing. Sebagai aparatur atau pemimpin di desa masing-masing, dibutuhkan profesionalitas dan tetap netral dalam pemilihan kades definitif nantinya.  

Pelantikan pelaksana tugas kades tersebut dalam rangka melancarkan pelayanan masyarakat pada wilayah desa, sehubungan dengan telah berakhirnya masa jabatan kepala desa definitif.

Pada pelantokan tersebuy Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH, didampingi Sekretaris Daerah KLU Drs H. Suardi, MH, melantik 10 orang Pelaksana Tugas Kepala Desa se-Lombok Utara di Aula Pendopo Menggala.

Adapun Plt Kades yang dilantik adalah Saiful Bahri Bahsin, Kepala  Desa Singgar Penjalin, Suburuddin Desa Gili Indah, menggantikan M. Taufik.

Kemudian H. Mudahar diamanahkan di Desa Jenggala menggantikan Samsul Rizal. Atmaja Gumbara Desa Gondang menggantikan Ahmad Johari. Ni Nyoman Kartini Desa Genggelang menggantikan Khairul Anwar.

Selain itu Saiful Bahri dipercayakan di Desa Rempek menggantikan Rinadin, R. Sawinggih Desa Sesait menggantikan Airman.
Abdul Hanan Desa Selengen menggantikan Sadirman. Selanjutnya, Mahulud di Desa Mumbul Sari menggantikan H. Syawaludin. Karyadi Desa Karang Bajo menggantikan Kertamalip.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar SH. MH, menyampaikan terima kasih atas dedikasi pimpinan desa selama menjabat di desa masing-masing. Dinamika pemerintahan menghendaki terlaksananya proses pengangkatan dan pemberhentian secara profesional.

"Pelaksana Tugas Kades memiliki hak yang relatif sama sesuai dengan kewenangannya. Harapan saya, amanah yang diberikan ini agar dipegang teguh dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Najmul Akhyar.(*).