Mataram promosikan gaya hidup sehat lewat program "Jas Siaga"

id Pjs Wali Kota Mataram,Jas Siaga,Dinas Kesehatan

Mataram promosikan gaya hidup sehat lewat program "Jas Siaga"

Pjs Wali Kota Mataram Tri Budiprayitno bersama Pjs Ketua TP PKK Kota Mataram Fifit Istiani mengunjungi kalangan lanjut usia (lansia) dan warga di Kelurahan Dasan Cermen, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (4/10-2024). ANTARA/HO-Kominfo

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan promosi gaya hidup sehat melalui program jalan sehat silaturahim dengan warga (Jas Siaga) di Kelurahan Dasan Cermen Mataram.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Mataram Tri Budiprayitno di Mataram, Jumat, mengatakan, promosi hidup sehat melalui program "Jas Siaga" dapat mendekatkan dan mempererat hubungan silaturahim antara pemerintah dan masyarakat.

"Selain itu juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan di setiap lapisan masyarakat," katanya.

Hal tersebut disampaikan usai melaksanakan promosi daya hidup sehat melalui program "Jas Siaga" di Kelurahan Dasan Cermen didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H Emirald Isfihan, Dinas Sosial Kota Mataram, dan organisasi perangkat daerah terkait lainnya.

Dikatakan, promosi hidup sehat dilakukan melalui kegiatan jalan sehat sekaligus mendengar langsung aspirasi dan kebutuhan masyarakat, terutama terkait pentingnya menjaga kesehatan di tengah tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini.

Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini, masyarakat diimbau agar menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas), sehingga masyarakat bisa tetap menjaga imun atau daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit dan virus berbahaya.

Kegiatan germas dapat dilakukan masyarakat dengan memperbanyak istirahat, banyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi akibat cuaca ekstrem, serta olahraga rutin.

"Germas sebagai upaya mewaspadai berbagai serangan potensi penyakit di musim pancaroba," katanya.

Di sisi lain, dalam kegiatan tersebut Pjs Wali Kota Mataram bersama istri juga menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah-rumah warga khususnya lansia yang menjadi fokus perhatian dalam program sosial.

Dalam kesempatan itu, Pjs wali kota memberikan bingkisan sembako serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada para lansia dari tim Dinas Kesehatan Kota Mataram, yang disambut antusias oleh warga sekitar terutama lansia.

Ia mengatakan, kegiatan seperti itu dinilai penting untuk memastikan masyarakat, terutama anak-anak dan lansia, mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, serta memberikan penyuluhan tentang pentingnya imunisasi dan pola hidup sehat.

"Melalui program itu, kami harapkan Kelurahan Dasan Cermen bisa menjadi contoh bagi kelurahan lainnya dalam membangun komunitas yang sehat dan sejahtera," katanya.