KPU terima kiriman surat suara Pilkada Lombok Tengah 2024

id KPU Lombok Tengah ,Pilkada Lombok Tengah ,Pilkada NTB ,Pilkada 2024

KPU terima kiriman surat suara Pilkada Lombok Tengah 2024

Kantor KPU Lombok Tengah, Provinsi NTB (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menerima kiriman logistik surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 27 November 2024.

"Untuk logistik surat suara calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah maupun surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB itu telah kami terima tadi malam," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah Hendri Herliawan di Lombok Tengah, Senin.

Ia mengatakan jumlah surat suara yang diterima sesuai dengan jumlah yang diusulkan berdasarkan jumlah pemilih pada daftar pemilih tetap (DTP), yakni 777.196 orang dan ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

"Jadi, surat suara calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah maupun surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB yang diterima itu sebanyak 799 ribu lebih," katanya.

Baca juga: KPU membuka pelayanan pindah memilih di Pilkada Lombok Tengah 2024

Ia mengatakan surat suara yang diterima itu belum dilipat sehingga untuk pelipatan dan penyortiran surat suara menjadi tugas KPU Lombok Tengah.

"Pelipatan surat suara direncanakan mulai pekan depan dengan melibatkan 250 petugas," katanya.

Selain itu, KPU Lombok Tengah juga telah menerima logistik Pilkada 2024 berupa kotak suara, bilik suara, dan alat peraga kampanye (APK) yang difasilitasi penyelenggara.

"Total logistik yang telah diterima itu sekitar 75 persen dan sisanya dalam proses," katanya.

Baca juga: Kampanye Cakada Pilkada Lombok Tengah 2024 gunakan zonasi

Ia mengatakan untuk pemasangan APK pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB maupun pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah akan dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS) di masing-masing desa.

"Ada enam titik dalam satu desa dan dipasang di tempat yang strategis oleh PPS," katanya.

Baca juga: SatPol PP tertibkan APK Pilkada 2024 di Lombok Tengah

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka pengundian nomor urut, ditetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah, yakni nomor urut 1 Ruslan Turmuzi-Lalu Normal Suzana,
nomor urut 2 Lalu Pathul Bahri-H.M. Nursiah, dan nomor urut 3 H. Ahmad Puaddi-Lege Warman.

Sedangkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB telah menetapkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni nomor urut 1 Sitti Rohmi Djalilah-W. Musyafirin (PKB, Perindo, PDI Perjuangan, dan Partai Ummat), nomor urut 2 Zulkieflimansyah-Moh Suhaili FT (Partai NasDem, PKS, dan Demokrat).

Kemudian pasangan nomor urut 3 Lalu Muhammad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PSI).

Baca juga: Debat Cakada Lombok Tengah digelar 13 November 2024