Arab Saudi pesta gol ke gawang Korut

id Piala Asia,Arab Saudi,Korea Utara,Sepak bola

Arab Saudi pesta gol ke gawang Korut

Penyerang Arab Saudi Saleem Al Dawsari merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Korea Utara dalam pertandingan Grup E Piala Asia yang berlangsung pada Selasa (8/1/2019). (twitter.com/afcasiancup)

Jakarta (Antaranews NTB) - Arab Saudi pesta gol ke gawang Korea Utara (Korut) ketika Elang Hijau menang 4-0 atas lawannya tersebut dalam pertandingan Grup E Piala Asia 2019 yang dimainkan di Stadion Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab pada Rabu dini hari WIB.

Keempat gol Arab Saudi tersebut disumbangkan Hattan Sultan Babhir (28'), Mohammed Al Fatil (37'), Salem Al Dawsari (70'), dan Fahad Al Muwallad (87'), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Dengan hasil ini Arab Saudi memuncaki klasemen grup dengan koleksi tiga poin, sedangkan Korut berada di dasar klasemen dengan nol poin. Dua tim Grup E lainnya, Lebanon dan Qatar, baru akan bertanding pada Rabu (9/1/2019).

Setelah mengawali pertandingan dengan penampilan baik, Arab Saudi membangun keunggulan pada babak pertama berkat dua gol berkualitas tinggi dalam rentang waktu sembilan menit.

Bahbri membuka keunggulan timnya pada menit ke-28 melalui upaya solonya, bergerak memotong dari sayap kiri untuk mencari ruang dan melesakkan sepakan yang tidak dapat diantisipasi kiper Ri Myong Guk.

Kiper Korut itu kembali harus kemasukan tidak lama kemudian, Al Fatil sukses menyambar bola umpan silang Hussain Almoqahwi untuk menaklukkan sang penjaga gawang.

Perjuangan Korut menjadi semakin berat beberapa saat sebelum turun minum ketika Han Kwang Song mendapatkan kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Almoqahwi.

Setelah Ali Hadi Albulayhi dan Yasser Alshahrani menyia-nyiakan peluang bagus yang mereka miliki, kapten Arab Saudi Al Dawsari memastikan raihan tiga poin untuk timnya pada menit ke-70 dengan penyelesaian berkelas.

Pasukan Juan Antonio Pizzi mengemas gol terakhir tiga menit sebelum laga usai, Al Muwallad mampu memaksimalkan operan akurat Hamdan Al Shamrani untuk membobol gawang Korut.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Arab Saudi (4-1-4-1): Mohammed Al Owais, Mohammed Al Burayk, Ali Albulayhi, Mohammed Al Fatil, Yasir Al Shahrani (Hamda Al Shamrani 82'), Abdullah Otayf, Hattan Sultan Babhir (Mohammed Al Saiari 78'), Salem Al Dawsari, Abdulaziz Al Bishi (Abdulrahman Ghareeb 71'), Hussain Al Mogawhi, Fahad Al Muwallad

Korea Utara (5-4-1): Ri Myong Guk, Kim Chol Bom, Kim Song Gi, An Song Il (Kim Kyong Hun 46'), Ri Il Jin, Jang Kuk Chol (Ri Chang Ho 56'), Han Kwang Song, Ri Un Chol, Ri Yong Jik (Rim Kwang Hyok 90'), Jong Il Gwan, Pak Kwang Ryong