FKIP Unram praktik "Lesson Study" di SMPN 16

id FKIP Mataram,Lesson study

FKIP Unram praktik "Lesson Study" di SMPN 16

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kelompok Guru IPA dari FKIP Universitas Mataram, mempraktikkan "lesson study" di SMPN 16 Mataram dari Agustus sampai September 2019. (Hikmawati)

Mataram (ANTARA) - Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kelompok Guru IPA dari FKIP Universitas Mataram, mempraktikkan "lesson study" di SMPN 16 Mataram dari Agustus sampai September 2019.

Ketua tim PKM Kelompok Guru IPA, Hikmawati S.Pd M.Pd, di Mataram, Sabtu, mengatakan kegiatan tersebut dibiayai oleh DRPM Kemenristekdikti melalui kerja sama dengan LPPM Universitas Mataram. 

"Metode pembuatan media pembelajaran IPA dilakukan melalui pola lesson study yang terdiri atas 3 tahapan yaitu tahap plan, do, dan see," katanya.

Pada tahap plan, Tim PKM memberikan informasi tentang lesson study dan media pembelajaran IPA. Pada tahap ini ditentukan media pembelajaran yang akan dibuat dan guru model yang akan melakukan simulasi penerapan media pembelajaran yang dibuat. 

Pada tahap do, guru model melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai yang sudah direncanakan pada tahap Plan, sedangkan observer melakukan pengamatan. 

Pada tahap see, guru model mendeskripsikan pengalamannya mengajar di kelas, sedangkan observer memberikan masukan terhadap aktivitas guru dan siswa ketika pelaksanaan simulasi. 

"Media pembelajaran yang diperkenalkan pada tahap plan adalah Papan Eksperimen Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff, dan Mikroskop Portable. Media pembelajaran yang digunakan saat tahap Do adalah Mikroskop Portable," katanya.

Adapun media pembelajaran yang dibuat oleh guru adalah Sistem Hidrolik dan Alarm Gempa.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar