FKIP Unram lakukan pendampingan peningkatan mutu Pembelajaran IPA melalui LSLC di SMP Kota Mataram

id Mataram

FKIP Unram lakukan pendampingan peningkatan mutu Pembelajaran IPA melalui LSLC di SMP Kota Mataram

Dosen jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram melakukan pendampingan peningkatan mutu pembelajaran IPA melalui "Lesson Study for Learning Community (LSLC)" di SMP Kota Mataram. (Istimewa)

Mataram (ANTARA) - Dosen jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram melakukan pendampingan peningkatan mutu pembelajaran IPA melalui "Lesson Study for Learning Community (LSLC)" di SMP Kota Mataram.

Hikmawati SPd MPd, ketua tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut, di Mataram, Selasa, menyatakan alasan dilakukan pendampingan berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitranya.

"Yakni, rendahnya nilai mata ujian IPA dan kurangnya kolaborasi antar guru mata pelajaran IPA dalam merancang perencanaan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013," katanya.

Metode pelaksanaan sendiri, kata dia, kegiatan pendampingan diawali dengan sosialisasi LSLC pada tanggal 15 Februari 2020. Pada tahap plan, guru-guru mata pelajaran IPA dari kedua sekolah berkolaborasi membuat "chapter design" dan "lesson design", serta penentuan guru model dan observer. 

Pada tahap do, guru model melaksanakan pembelajaran sesuai lesson design yang telah dibuat, sedangkan observer mengamati aktivitas siswa. Pada tahap see, dilakukan refleksi yaitu guru model memberikan komentar terhadap pelaksanaan pembelajaran dan observer mengemukakan hasil pengamatan. 

Tahap plan dilaksanakan 20 Februari 2020, tahap do dan see dilaksanakan 28 Februari 2020. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini: menghasilkan chapter design dan lesson design untuk materi: Getaran, Gelombang, dan Bunyi; memberikan pengalaman langsung bagi peserta kegiatan tentang praktik LSLC; aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk kategori aktif, dan siswa dapat menjawab soal evaluasi di akhir pembelajaran dengan benar. 

Disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran di SMPN 20 Mataram dan SMPN 5 Mataram.

Metode pelaksanaan kegiatan

Metode pelaksanaan pendampingan peningkatan mutu pembelajaran IPA melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC), yakni,

1. Sosialisasi LSLC dilaksanakan tanggal 15 Februari 2020 yang diikuti oleh semua guru di SMPN 20 Mataram dan guru-guru IPA dari SMPN 5 Mataram, kepala sekolah SMPN 20 Mataram dan SMPN 5 Mataram, Pengawas Mata Pelajaran IPA dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram. Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan kegiatan RTL (Rencana Tindak Lanjut) tentang jadwal pelaksanaan tahap plan.

2. Tahap plan dilaksanakan tanggal 20 Februari 2020 yang diikuti oleh guru-guru IPA SMPN 20 Mataram dan SMPN 5 Mataram, kepala sekolah SMPN 20 Mataram, dan pengawas Mata Pelajaran IPA Kota Mataram. Pada tahap plan ini guru-guru mata pelajaran IPA dari kedua sekolah berkolaborasi membuat chapter design dan lesson design. Pada tahap plan juga ditentukan guru model dan observer, termasuk jadwal pelaksanaan tahap open class (tahap do).

3. Tahap do dilaksanakan tanggal 28 Februari 2020. Pada tahap do, guru model melaksanakan pembelajaran sesuai lesson design yang telah dibuat, sedangkan observer mengamati aktivitas siswa. 

4. Tahap see dilaksanakan langsung setelah tahap do yaitu tanggal 28 Februari 2020. Pada tahap see, dilakukan refleksi yaitu guru model memberikan komentar terhadap pelaksanaan pembelajaran dan observer mengemukakan hasil pengamatan. Kegiatan see dipandu oleh moderator yaitu kepala sekolah. 

Tim pengabdian (dosen) bertindak sebagai narasumber. Di akhir kegiatan ini guru model beserta guru-guru IPA dari SMPN 20 Mataram maupun SMPN 5 Mataram melakukan re-design tentang chapter design dan lesson design berdasarkan masukan dari observer dan narasumber.

Adapun tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut:

1.Hikmawati, S.Pd., M.Pd. (Ketua Tim)
2.Dr. Agus Ramdani, M.Sc. (Anggota 1)
3.Dr. Gito Hadiprayitno, S.Pd., M.Si. (Anggota 2)
4.Dr. Muntari, M.Phil. (Anggota 3)
5.Mukhtar Haris, M.Si. (Anggota 4)