Universitas Mataram mengukuhkan 1.513 guru profesional

id Unram,Pengukuhan Guru,FKIP Unram

Universitas Mataram mengukuhkan 1.513 guru profesional

Sebanyak 1.513 orang lulusan program profesi guru dalam jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram tahun 2022 dikukuhkan dan diambil sumpah profesi di Mataram, NTB. (ANTARA/HO-Humas Unram)

Mataram (ANTARA) - Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengukuhkan dan mengambil sumpah sebanyak 1.513 lulusan program profesi guru dalam jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram tahun 2022.

"Apa yang ditanamkan saat ini akan dirasakan 20 tahun mendatang, karena itu kita harus bersinergi untuk mewujudkan generasi emas 2045 karena dengan bersinergi berbagai persoalan dapat kita pecahkan bersama," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Sitti Hilyana, dalam pengukuhan lulusan profesi guru (PPG) di Mataram, Selasa.

Menurut dia, guru juga harus menjadi pembelajar sejati dan terus berupaya meningkatkan kapasitas dirinya, sehingga dapat terwujud guru profesional di bidangnya dengan memprioritaskan pendidikan akan mengangkat Indonesia menjadi negara maju.

Kepala Program Studi Program Profesi Guru (PPG) Unram Dr Dadi Setiadi, menyebutkan sebanyak 1.513 orang lulusan PPG Unram yang dikukuhkan terdiri atas kategori satu sebanyak 858 orang mahasiswa dengan tingkat kelulusan 92,5 persen.

Selain itu, kategori dua sejumlah 560 orang lulusan dengan tingkat kelulusan 93 persen, kategori tiga dengan jumlah 36 orang mahasiswa dengan tingkat kelulusan 14 persen, dan kategori mengulang atau retaker sebanyak 59 orang mahasiswa dengan tingkat kelulusan 50 persen.

Ia mengatakan timnya sedang melaksanakan PPG untuk kategori satu gelombang ke-2 yang pada saat ini baru memasuki fase praktik pengalaman lapangan (PPL).

"Kemungkinan pada Februari 2023, mereka akan mengambil ujian pengetahuan dan uji kinerja. Gelombang pertama sudah menyelesaikan satu semester kemudian gelombang kedua pekan ini masuk mid semester," katanya.

Sementara itu, Dekan FKIP Unram Dr Lalu Zulkifli menyampaikan rasa terima kasih kepada Direktur PPG Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang telah memberikan kepercayaan kepada FKIP Unram sebagai salah satu penyelenggara yang mendapatkan kuota yang cukup besar.

"Tingkat kelulusan kita mencapai 93 persen, ini adalah suatu capaian yang luar biasa. Oleh karena itu, kami siap untuk diberikan kuota yang lebih besar pada tahun berikutnya dalam rangka menyukseskan PPG tahun 2023, khususnya PPG pra jabatan dan juga PPG dalam jabatan," ujarnya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Universitas Mataram kukuhkan 1.513 guru profesional