Google: Warganet Indonesia menelusuri topik dan sosok inspiratif

id Google, google Indonesia, year in search, year in search Indonesia 2019,Google terkini,info google,Mbah Google

Google: Warganet Indonesia menelusuri topik dan sosok inspiratif

Perwakilan dari Google Indonesia berfoto bersama YouTuber SkinnyIndonesian24, sutradara dan pemeran "Dua Garis Biru" Gina S Noer dan Angga Yunanda di acara "Year in Search" Google Indonesia 2019, Jakarta, Rabu (11/12/2019). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Mesin pencarian Google melalui rekap tahunannya, "Year In Search", mengumumkan topik, film, hingga tokoh yang menjadi penelusuran terpopuler oleh warganet Indonesia sepanjang tahun 2019.

Menurut Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Jakarta, Rabu, warganet Indonesia di tahun ini lebih tertarik dengan hal-hal yang menginspirasi dan menimbulkan perubahan untuk individu bahkan negara.

"Kesimpulan dari searches di 2019, adalah tahun yang penuh perubahan dan harapan bagi Indonesia. Bukan cuma di level negara, tapi juga individu," kata Veronica.

"Mulai dari reaksi dan konsumsi informasi, gaya hidup, sosok dan kisah yang menginspirasi," ujarnya melanjutkan.

Hal ini rupanya juga sebanding dengan "Year in Search" Google secara global, dengan topik "Heroes" atau "Pahlawan", sebagai bahasan yang paling banyak dicari oleh warganet di dunia.

Mulai dari tokoh fiksi seperti Iron Man hingga Wonder Woman, sampai pahlawan di dunia nyata yang inspiratif di berbagai bidang seperti Usain Bolt, Viola Davis, bahkan orang tua yang dengan kisah yang menggugah emosi.

Dalam kategori "Tokoh" di Year in Search Indonesia 2019, beberapa sosok seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Markarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama, hingga grup K-pop BTS menjadi sorotan sepanjang tahun.

"Ditambah dengan adanya tahun politik, di tahun ini kami melihat bagaimana orang-orang ingin berubah lebih baik bersamaan dengan tokoh-tokoh yang menginspirasi," kata Veronica.

Sementara itu, terdapat sembilan kategori Year In Search 2019 yang telah diluncurkan Google Indonesia yang dapat diakses melalui laman google.co.id/2019.

Sembilan kategori tersebut antara lain "Trending", "Peristiwa Nasional", "Apa itu...", "Lagu", "Tokoh", "Kepergian Tokoh", "Bagaimana cara...", "Resep", dan "Film".