Mataram (ANTARA) - Kabupaten Bima menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tahun 2022 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dipusatkan di Kabupaten Lombok Timur.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah, mengatakan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah ke luar menjadi juara umum pada MTQ XXIX Tahun 2022 tingkat provinsi di Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

"Selamat untuk Kabupaten Bima, jadi juara umum MTQ ke-29 tingkat Provinsi NTB," kata Rohmi pada penutupan MTQ XXIX Tahun 2022 dalam keterangan tertulis diterima di Mataram, Kamis.

Wagub NTB, juga mengapresiasi Kabupaten Lombok Timur yang telah sukses sebagai tuan rumah menyelenggarakan MTQ XXIX.

"MTQ XXIX di Lombok Timur ini, Alhamdulillah sukses dengan luar biasa. Lombok Timur luar biasa, seluruh khafilah luar biasa," ujarnya.

Ia berharap Lombok Timur dan seluruh masyarakat NTB dapat terus mensyiarkan, membumikan dan mendorong masyarakat untuk membumikan Al-Quran di Lombok Timur, di NTB bahkan Indonesia.

"In syaa Allah, MTQ tahun ini membawa keberkahan untuk daerah kita tercinta," katanya.

Pada MTQ XXIX 2022 Provinsi NTB, Kabupaten Bima keluar sebagai juara umum satu, diikuti Kabupaten Lombok Tengah sebagai juara umum dua dan juara umum tiga diraih tuan rumah Kabupaten Lombok Timur.

Kemudian disusul juara empat Kabupaten Lombok Barat, peringkat ke lima Kota Bima, urutan ke enam Kota Mataram, urutan tujuh Kabupaten Dompu, urutan delapan Kabupaten Sumbawa, urutan sembilan Lombok Utara dan urutan ke-10 Kabupaten Sumbawa Barat.

Para juara terpilih nantinya akan mengikuti TC untuk persiapan MTQ Nasional bulan Oktober 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kabupaten Sumbawa Barat, ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ XXX Tingkat Provinsi NTB tahun 2024.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy turut mengucapkan selamat kepada seluruh khafilah yang telah berhasil meraih juara sehingga berhak mewakili NTB pada lomba MTQ tingkat nasional bahkan internasional.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kemeriahan MTQ XXIX tingkat provinsi di Kabupaten Lombok Timur ini. Selamat kepada para juara, semoga yang terpilih pada MTQ XXIX ini dapat mewakili dan mengharumkan nama NTB pada kancah nasional bahkan internasional," ucapnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh khafilah baik yang meraih juara maupun tidak agar selalu mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam sebagaimana yang tercantum dalam Al-Quran.

"Yang lebih utama lagi semoga dapat mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam yang indah sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an di manapun kita berada," katanya.

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Riza Fahriza
Copyright © ANTARA 2024