Lombok Tengah (ANTARA) - Perum Badan Urusan Logistik melalui program Bulog Peduli memberikan beasiswa kepada lima orang mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok dari keluarga kurang mampu untuk mendukung upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di Nusa Tenggara Barat.

Beasiswa tersebut diserahkan secara langsung kepada mahasiswa oleh Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Perum Bulog, Sonya Mamoriska, disaksikan Direktur Poltekpar Lombok, Dr Ali Muhtasom, di Kabupaten Lombok Tengah, Senin (19/8).

"Program ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa tersebut hingga mereka berhasil menyelesaikan studi," kata Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Perum Bulog, Sonya Mamoriska.

Ia mengatakan pemberian dukungan tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen Bulog untuk mendukung pendidikan berkualitas bagi masyarakat pra sejahtera.

Inisiatif tersebut diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata, sejalan dengan posisi Poltekpar Lombok sebagai institusi pendidikan vokasi termuda, di bawah pembinaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Impor beras dongkrak penerimaan bea masuk di Lombok NTB

Politeknik ini ditujukan untuk meningkatkan kesiapan sumber daya manusia sebagai dukungan pencanangan terhadap destinasi wisata super prioritas Indonesia di NTB, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Oleh karena itu, kata Sonya, dengan adanya dukungan finansial tersebut, mahasiswa penerima manfaat dapat lebih fokus pada studi dan pada akhirnya, memberikan kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan dan inovasi dalam sektor pariwisata.

"Inisiatif seperti ini penting karena pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar dalam mendorong perekonomian nasional
dan memperkenalkan kebudayaan lokal ke kancah global," ujarnya.

Baca juga: Bulog NTB punya cadangan jagung sebanyak 56.520 ton

Ia mengatakan melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL), Perum Bulog berkomitmen untuk terus berinovasi dalam merancang berbagai program kegiatan yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya melalui program Bulog Peduli Pendidikan.

"Semoga dengan dilaksanakannya program ini dapat memberikan manfaat bagi Poltekpar Lombok serta mampu menumbuhkan semangat inovasi dan kolaborasi di lingkungan civitas akademika dalam proses pendidikan kedepannya," ucap Sonya.

Direktur Poltekpar Lombok Dr Ali Muhtasom, menyampaikan apresiasi kepada Perum Bulog atas dukungannya terhadap pendidikan.

Menurutnya, kontribusi Bulog sangat penting dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di sektor pariwisata NTB.

"Banyak anak-anak NTB ingin kuliah di Poltekpar Lombok dan berkontribusi membangun pariwisata daerah. Adanya beasiswa dari Bulog menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan harapan mereka," katanya.

Baca juga: Bulog NTB jual 1.300 ton jagung kering pipil

Pewarta : Awaludin
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024