Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyambut gembira kehadiran pelatih dari liga basket pria di Amerika National Basketball Association (NBA) Phil Handy untuk membagi pengetahuan dan melatih para pelatih bola basket di Indonesia.

"Saya sangat bahagia di mana hari ini kita kedatangan Phil Handy, beliau adalah pelatih yang sudah sangat mendunia," ujar Dito melalui laman resmi Kemenpora yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Saat menemui Phil Handy di Media Center Kemenpora, Dito mengatakan, kehadiran Phil Handy merupakan sebuah keberkahan bagi olahraga bola basket Indonesia karena sangat jarang pelatih dari NBA mau membagikan pengalaman dan melatih pelatih bola basket di Indonesia. Phil Handy selama di Jakarta akan memberikan pelatihan kepada pelatih timnas Indonesia untuk memperkuat kapasitas pemain.

"Yang namanya pelatih harus kita tingkatkan kapasitasnya agar performa pemain basket di Indonesia akan naik juga," ujarnya.

Dito mengatakan, perkembangan bola basket di Indonesia saat ini sudah masif di kalangan masyarakat dan perlu ditingkatkan lagi dari aspek prestasi. Ke depan, kata dia, prestasi dan permainan timnas basket Indonesia harus bisa meningkat,

Lebih lanjut, menanggapi pertanyaan terkait apakah Phil Handy akan melatih timnas basket Indonesia, Dito mengatakan, pihak Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) sudah melakukan diskusi dan akan melihat perkembangan ke depannya.

"Nanti kita lihat perkembangan ke depannya bagaimana Phill Handy bisa membantu perkembangan basket Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Phil Handy mengatakan dirinya cukup senang bisa datang ke Indonesia untuk berbagi pengetahuan tentang bola basket. Ia ingin membantu permainan bola basket Indonesia yang berpotensi besar untuk berkembang menjadi lebih baik dalam skala global.

"Jadi merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berada di sini dan dapat mengikuti beberapa pelatihan dengan beberapa atlet muda dan membantu mereka melihat sekilas apa yang dilakukan beberapa atlet NBA setiap hari," ujarnya.

Baca juga: Menpora Dito sebut pebasket Indonesia berkembang pesat
Baca juga: Basket 3x3-Jatim melaju ke final usai hajar Jabar skor 17-9

Selama berada di Indonesia, Phil Handy akan menjadi pemateri dalam coaches clinic pada 25 September. Kemudian pada 26 dan 27 September ia akan memberikan ilmu kepelatihan kepada anak-anak usia 14--18 tahun berupa coaching clinic di GBK Arena Senayan.

Selanjutnya pada 28 September, Phil Handy akan hadiri acara meet and greet serta talkshow yang berlangsung di OCBC Space BSD, Tangerang.
 

 

Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024