Lombok Tengah (ANTARA) - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, periode 2024–2029, Rabu, resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Praya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur NTB.

"Pelantikan pimpinan definitif DPRD Lombok Tengah dilaksanakan sesuai SK Gubernur NTB," kata Sekretaris DPRD Lombok Tengah Suhadi Kana.

Unsur pimpinan DPRD Lombok Tengah yang dilantik meliputi Lalu Ramdan dari Partai Gerindra sebagai ketua, dengan didampingi tiga wakil ketua, yakni Lalu Rumiawan (Partai Golkar) sebagai wakil ketua I, Lalu Sarjana (Partai Kebangkitan Bangsa) sebagai wakil ketua II, dan Uhibbussaadi (Partai Keadilan Sejahtera) sebagai wakil ketua III.

"Pimpinan DPRD yang dilantik ini sesuai dengan usulan pada sidang paripurna sebelumnya," kata Suhadi.

Baca juga: Sebanyak 50 anggota DPRD Lombok Tengah resmi dilantik

Ketua DPRD Kabupaten Lombok Tengah Lalu Ramdan mengatakan bahwa menjadi pemimpin memiliki tanggung jawab cukup besar dan dituntut bisa menjadi jembatan dalam menyampaikan aspirasi anggota.

"Kami pimpinan mengharap dukungan anggota dalam meningkatkan kinerja DPRD Lombok Tengah agar lebih baik," katanya.

Ia mengatakan DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah dan berfungsi membentuk peraturan daerah, penganggaran dan pengawasan.

"Mari sama-sama membangun kinerja DPRD Lombok Tengah lebih baik dengan melaksanakan tugas sesuai dengan aturan," katanya.

Ramdan juga mengajak para anggota untuk tetap melaksanakan keputusan yang telah disepakati, baik itu produk peraturan daerah maupun keputusan pimpinan.

"Dalam setiap sidang paripurna yang telah dijadwalkan diharapkan semua anggota untuk hadir," tambahnya.

Baca juga: Penetapan pimpinan definitif DPRD Lombok Tengah tunggu SK Gubernur

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Lombok Tengah Abdul Aziz mengatakan kerja sama adalah kunci dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan di Lombok Tengah dan bisa mewujudkan berbagai hal yang diharapkan masyarakat.

"Dalam berbagai kebijakan strategi, peran DPRD sangat diharapkan, baik dalam anggaran maupun pengawasan," katanya.

Oleh karena itu, kolaborasi dan sinergi yang telah terbangun dengan baik bisa ditingkatkan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Gotong royong dan kerja sama adalah kekuatan sehingga program yang direncanakan bisa tercapai sesuai harapan masyarakat," kata Aziz.

Ia juga mengajak anggota DPRD Lombok Tengah untuk ikut mewujudkan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar dan aman. "Kepada penyelenggara negara agar tetap menjaga netralitas pada Pilkada 2024," tambahnya.

Baca juga: Polisi tetapkan anggota DPRD Lombok Tengah tersangka kasus pemalsuan ijazah

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024