Presiden Xi Jinping telepon Mahathir Mohamad membicarakan corona

id Mahathir,Xi jinping,Corona,Covid-19

Presiden Xi Jinping telepon Mahathir Mohamad membicarakan corona

Mahathir saat memberikan sambutan KL Summit. (Foto ANTARA/Agus)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Presiden Republik Rakyat China (RRC) Xi Jinping menelepon Perdana Menteri Malaysia  Mahathir Mohamad, Kamis malam, untuk membicarakan wabah virus corona atau COVID-19 yang melanda negerinya.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri Malaysia, Jumat, menyebutkan kedua pemimpin mengadakan pembicaraan telepon selama lebih dari setengah jam tentang epidemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

"Kedua pemimpin berbicara tentang saling pengertian dan kerja sama yang erat untuk mengatasi epidemi, serta untuk meminimalkan dampaknya," katanya.

Pada kesempatan tersebut Mahathir menyampaikan solidaritas dan dukungan kuat Malaysia untuk Tiongkok dan menyatakan keyakinannya dalam setiap upaya yang dilakukan oleh Presiden Xi dan pemerintahnya dalam masalah tersebut.

Presiden Xi menghargai persahabatan dan bantuan Malaysia, dan meyakinkan bahwa China memiliki kekuatan untuk memerangi wabah COVID-19, dan akan peduli terhadap orang Malaysia dan orang lain yang saat ini berada di Tiongkok seperti warga negara mereka sendiri.

Kedua pemimpin Asia tersebut sepakat tentang perlunya upaya bersama dalam mengatasi wabah corona.

Perdana Menteri Mahathir merujuk pada langkah bersama yang akan dilakukan oleh ASEAN dan China untuk mengendalikan situasi.

Kedua pemimpin juga sepakat untuk tetap berhubungan dekat satu sama lain dalam menghadapi epidemi ini.