Gempa di perbatasan Turki-Iran, tujuh tewas dan ribuan gedung roboh

id gempa turki,gempa bumi,perbatasan turki iran

Gempa di perbatasan Turki-Iran, tujuh tewas dan ribuan gedung roboh

Ilustrasi gempa (1)

Dubai/Istanbul (ANTARA) - Tujuh orang dinyatakan tewas dan sejumlah orang lainnya masih tertimpa puing-puing bangunan yang roboh di Turki bagian tenggara pada Minggu akibat guncangan gempa dengan magnitudo 5,7 di dekat wilayah perbatasan dengan Iran.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengonfirmasi hal tersebut seiring dengan kedatangan tim penyelamat di lokasi gempa.  Dilaporkan,  sumber gempa berada  di kedalaman lima kilometer.

Tiga dari korban tewas, menurut Soylu, adalah anak-anak. Sementara lima orang dilaporkan menderita luka-luka, serta sekitar 1.066 bangunan roboh.

Video Turkish TV menunjukkan gambar orang-orang yang sedang menciduk puing-puing bangunan dan tembok rumah yang runtuh dengan sekop, juga retakan pada jalan serta sejumlah orang di luar rumah dalam keadaan cuaca bersalju.

Sementara menurut laporan dari saluran berita TRT World, gempa itu berdampak pada 43 desa di Turki, yang mempunyai riwayat gempa hebat.

Sedangkan pemerintah Iran menyebut gempa tersebut dapat dirasakan di wilayahnya namun sejauh ini belum ada laporan korban tewas.

Sumber: Reuters