PEMPROV NTB PELIHARA 500 BENDA CAGAR BUDAYA

id

   



          Mataram, 30/5 (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memelihara sebanyak 500 benda cagar budaya bergerak yang teridentifikasi hingga tahun 2009, sebagai bagian dari upaya pelestarian kekayaan budaya.

         Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Aryadi, mengemukakan hal itu di Mataram, Minggu, ketika menjelaskan program pengelolaan kekayaan budaya yang sudah terealisasi sampai tahun 2009.

         "Cagar budaya bergerak yang dipelihara itu antara lain berupa arsip, foto, berkas bersejarah, dan benda purbakala lainnya yang memiliki nilai sejarah," ujarnya.

         Ia mengatakan, sedikitnya terdapat empat program pengelolaan kebudayaan yang terealisasi di tahun 2009 dengan dukungan anggaran Rp11,8 miliar lebih.

         Penyelenggaraan urusan kebudayaan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB pada tahun 2009 antara lain, program pengembangan nilai budaya yang telah berhasil menyelenggarakan pementasan seni tradisional sebanyak 17 kali.

         Kegiatan lainnya, digelar pameran karya seniman NTB sebanyak 10 kali, dan menerbitkan 150 buku mengenai karya seni.

         Sementara program pengelolaan kekayaan budaya dan program pengelolaan keragaman budaya dititikberatkan pada upaya melindungi, memelihara dan mengelola budaya dan benda cagar budaya.

         "Terkait program pengelolaan kekayaan budaya itu dilakukan promosi terhadap empat jenis budaya tradisional NTB, dan melakukan pemeliharaan terhadap benda cagar budaya bergerak sebanyak 500 spesies, serta penyuluhan koleksi museum di 85 unit sekolah," ujarnya.

         Selain itu, kata Aryadi, pihaknya juga mengimplementasikan program pengelolaan keragaman budaya antara lain melalui lomba empat jenis budaya lokal.

         "Kami juga menggelar pementasan seni dan budaya NTB, serta pembinaan terhadap delapan sanggar seni," ujarnya.(*)