Nelayan, anak motor dan santri donor darah di Mataram

id Donor Darah,Bolds Raiders,Palang Merah Indonesia

Nelayan, anak motor dan santri donor darah di Mataram

Salah seorang warga mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan. (Ist)

Mataram (ANTARA) - Solidaritas datang dari berbagai komunitas anak motor, nelayan dan santri di Mataram, Pulau Lombok dan daerah lainnya di Nusa Tenggara Barat. Kali ini mereka bersatu menjadi pendonor untuk Palang Merah Indonesia (PMI).

Koordinator acara Lalu Heru mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan selama lima hari terakhir di berbagai lokasi di wilayah Lombok dan sekitarnya. 

Komunitas yang terlibat berasal dari  kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Tanjoh, Karta Ite Ite Kreatif, Karta Wanasaba Kreatif, Karta Sakra Barat Ite, Karta Komunitas Praja, serta komunitas Bold Riders Lombok dan Mataram.

"Teman-teman komunitas ini datang dari berbagai wilayah. Ada dari komunitas motor yang jaraknya dengan lokasi donor sampai 55 kilometer. Mereka melewati pegunungan sampai pesisir," kata Lalu Heru, pada Selasa (27/10).

Khusus untuk komunitas Bold Riders Lombok, kantong darah yang berhasil dikumpulkan mencapai 40 kantong dari total 43 pendaftar. 

Ada juga donor darah dari santri pondok pesantren yang digelar oleh Karang Taruna Ite Ite Kreatif. Di pesantren ini sejatinya banyak yang mau ikut. Namun karena hari Senin banyak yang puasa, maka hanya ada belasan santri yang diizinkan untuk donor.

Dari semua lokasi donor darah, total sampai Selasa (27/10) sudah terkumpul sebanyak 132 kantong darah. Masih ada lagi donor darah yang akan dilakukan oleh para nelayan di Pokdarwis Tanjoh targetnya 40 orang nelayan dan juga Karta Sakra Barat Ite.

"Kami sangat mengapresiasi nelayan yang ikut kegiatan ini. Apalagi kebanyakan adalah pengalaman pertama berdonor darah,” ujar Lalu Heru.

 Kegiatan donor darah tersebut merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). 

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.  

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung PMI di 58 kota/kabupaten itu melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu. 

Saat itu, terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.